in

Astronom Temukan Planet Ekstrasurya Raksasa Aneh

PROHABA.CO – Bila biasanya planet berbentuk bulat seperti bola, tidak demikian halnya dengan planet ekstrasurya raksasa yang baru ditemukan dan cenderung lebih mirip bola rugby.

Melansir CNN, Rabu (12/1/2022) planet yang dinamai WASP-103b itu adalah salah satu planet yang sangat panas dan berjarak sekitar 1.225 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Hercules.

Menurut studi yang dipublikasikan pada Januari 2022 di jurnal Astronomy and Astrophysics, hal ini disebabkan gaya gravitasi dari bintang induknya.

Planet yang pertama kali ditemukan pada tahun 2014 ini sebelumnya diamati menggunakan teleskop luar angkasa Hubble dan Spitzer.

Setelah mengidentifikasikannya, tim peneliti ingin mendapatkan pandangan lain dari planet WASP-103b menggunakan CHEOPS, misi dari Swiss yang dikarakterisasi Badan Antariksa Eropa (ESA), untuk digabungkan dengan pengamatan sebelumnya.

Satelit yang diluncurkan pada 2019 itu mencari planet yang berpotensi layak huni.

Kemudian, mendeteksi planet menggunakan metode transit atau mengukur penurunan kecerahan bintang ketika sebuah planet lewat di depan bintang.

Baca juga: Bocah Rusia Mengaku Berasal dari Planet Mars, Lahir untuk Selamatkan Manusia

Lalu, saat para astronom mengamati WASP-103b melintas di depan bintangnya, mereka dapat melihat bentuk planet yang aneh seperti bola rugby.

“Setelah mengamati beberapa hal yang disebut ‘transit’, kami dapat mengukur deformasi.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Menteri PANRB Terbitkan Ketentuan Pembatasan Bepergian ke Luar Negeri Bagi ASN

Bejat, Ayah Gilir 2 Anak Tiri, Dilakukan Puluhan Kali Selama 3 Tahun, Terungkap Setelah Korban Cerita Kepada Guru di Kota Solok