in

BAHAYA!! 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang banyak dialami wanita di dunia. Hal tersebut dapat terjadi karena beberepa hal, seperti hormon, genetik dan gaya hidup setiap hari yang tidak sehat.

Gaya hidup keseharian kita memang memegang peranan sangat penting terhadap kanker payudara. Banyak yang tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang biasanya dilakukan tersebut bisa memicu kanker payudara. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa sebabkan kanker payudara yang dikutip dari 1heath.id (09/05/2017) dan hellosehat.com (06/02/2017).

Konsumi alkohol

Minum alkohol (amazine.co)

Menurut American Cancer Society, takaran alkohol yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kanker payudara, terutama bagi orang yang mengonsumsi alkohol dua hingga lima gelas per hari. Begitu juga mengonsumsi anggur, minum tiga hingga enam gelas anggur dalam seminggu akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebanyak 15 persen.

Pil KB

Minum pil kb dengan dosis tinggi bisa picu kanker payudara (kompasiana.com)

Kandungan estrogen dalam pil kb memang bisa mencegah kehamilan, akan tetapi pil kb bisa menstimulasi sel-sel payudara. Jumlah dosis hormon yang terlalu banyak akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Mengutip dari Medical Daily, obat kontrasepsi atau pil kb yang diminum oleh wanita yang berumur 20 hingga 49 tahun akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Pil kb akan tetap aman jika dikonsumsi dengan dosis yang rendah sekitar 0,02 mg.

Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan (produkwish.com)

Risiko kanker payudara akan semakin tinggi apabila berat badan Anda juga tinggi, dan akan meningkat saat memasuki masa menopause. Menurut sebuah studi dalam jurnal BMJ Open, wanita yang memiliki ukuran pinggul meningkat secara drastis dalam kurun waktu 10 tahun, memiliki risiko mengalami kanker payudara. Hal tersebut diakibatkan oleh jaringan lemak yang menumpuk di sekitar pinggang, kondisi tersebut lebih aktif memicu kanker dibandingkan dengan jaringan lemak di bagian lainnya.

Jarang melakukan aktivitas fisik

Jalan sehat mengurangi risiko kanker payudara (lifestyle.sindonews.com)

Melakukan aktivitas fisik setiap hari bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Anda disarankan tetap aktif, apalagi setelah memasuki masa menopause. Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih rumah, senam aerobik, berjalan kaki disekitar rumah, atau berkebun. Kurangnya aktivitas fisik dapat dihubungkan dengan perubahan indeks massa tubuh. Dan peningkatan berat badan yang dikaitkan dengan kanker payudara.

Bekerja hingga larut

Wanita kerja shift malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara (hellosehat.com)

Banyak wanita yang bekerja dimalam hari karena tuntutan pekerjaan. Berdasarkan studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine tahun 2012, mengungkapkan bahwa seorang wanita yang bekerja pada malam hari, akan lebih berisiko empat kali lebih tinggi megalami kanker payudara, dibandingkan dengan wanita yang bekerja pada siang hari.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa memicu kanker payudara. Yuk rubah gaya hidup yang lebih sehat, agar terhindar dari kanker yang mematikan.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Punya Koleksi Manuskrip yang Dikumpulkan Lebih dari 300 Tahun, Perpustakaan Tertua di Dunia ini Malah Dibakar

Ebiet G. Ade gelar konser musikalisasi puisi