in

Besar, Potensi Pariwisata Batipuh Selatan

DIMINTA AMANAH: Bupati Eka Putra pimpin sertijab Camat Batipuh Selatan, kemarin (1/2).(PEMKAB TANAHDATAR UNTUN PADEK)

Muhammad As’ad mendapat amanah pimpin Kecamatan Batipuh Selatan pasca dilantik beberapa waktu lalu oleh Bupati Tanahdatar Eka Putra.

Sertijab dan pisah sambut dari camat yang lama Benny Yohendri, kepada camat yang baru Muhammad As’ad yang juga dirangkai dengan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Batipuh Selatan Ny. Vina M. As’ad oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tanahdatar Ny. Lise Eka Putra itu dilaksanakan di SMPN 1 Batipuh Selatan, kemarin (1/2).

Eka Putra menyampaikan, sertijab ini rangkaian dari kegiatan pelantikan, mutasi, rotasi dan promosi pejabat pimpinan tinggi pratama, dan pejabat administrator lingkup Pemkab Tanahdatar yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Selamat bertugas kepada Saudara M. As’ad atau Pak Ujang selaku Camat Batipuh Selatan yang mana sebelumnya menjadi Sekretaris Camat di kecamatan yang sama. Terima kasih kepada Benny Yohendri yang saat ini telah memasuki masa pensiun,” ucapnya.

Dia juga menyebut, jika camat adalah perpanjangan tangan bupati di wilayah kecamatan. Untuk itu, semua permasalahan yang ada di tengah masyarakat baik ditingkat nagari agar dikoordinasikan dan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan camat.

Eka Putra juga menegaskan Batipuh Selatan salah satu kecamatan andalan di Tanahdatar di bidang pariwisata yang selama ini banyak mendatangkan pengunjung. Diharapkan kepada masyarakat untuk ramah menyambut tamu dan bagi pedagang untuk tidak menaikkan harga seenaknya.

Bupati juga sampaikan jika masyarakat Batipuh Selatan di selingkar Danau Singkarak telah menghibahkan tanah di pinggir jalan sepanjang 4 kilometer. Jika tidak ada aral melintang, di tahun 2025 nanti jalan tersebut akan diperlebar.

“Camat tentunya harus selalu membina hubungan baik dengan seluruh unsur kecamatan. Jalin sinergitas dengan Forkopimca. Kawal perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah nagari,” harapnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Lise Eka Putra usai melantik Ny. Vina M. As’ad menjadi Ketua TP PKK Batsel sekaligus sertijab dari Ketua TP PKK yang lama Ny. Liza Benny Yohendri mengatakan, gerakan PKK mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan keluarga dan dalam menyokong percepatan pembangunan daerah serta menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi daerah.

Maka dari itu, Lise Eka Putra minta Ketua TP PKK yang baru dilantik untuk segera berkolaborasi dan konsolidasi serta bersinergi dengan jajaran pengurus mulai dari TP PKK kabupaten, kecamatan dan nagari, serta kader-kader PKK di nagari-nagari, mengingat kader PKK nagari adalah garda terdepan sekaligus ujung tombak TP PKK kabupaten.

“Kerja berat kita masih menanti, angka stunting Tanahdatar masih 18,9 persen, sementara kita harus mengejar target penurunan diangka 14 persen pada tahun 2024 ini, sebuah PR yang akan dituntaskan. Mustahil bisa dicapai tanpa adanya kekuatan dalam keluarga, dari itu perlunya peranan TPPKK kecamatan sebagai perpanjangan tangan dari kabupaten dan sebagai mitra dari Pemerintah,” ujarnya. (stg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemungutan dan Penghitungan Suara Diperagakan KPU Kota Payakumbuh

Jalan Abai-Sungaidareh Rusak Parah, Dapat Anggaran Rp 14 Miliar Lebih