in

Pemungutan dan Penghitungan Suara Diperagakan KPU Kota Payakumbuh

SIMULASI: Seorang pemilih memperlihatkan surat suara di TPS 13, Kota Payakumbuh, Rabu
(31/1). Hal ini merupakan bagian dari simulasi pemungutan dan penghitungan yang dilakukan
oleh KPU Payakumbuh jelang pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.(RIDWAN/PADEK)

Alur pemberitahuan untuk menunaikan hak pilih, hingga dilakukan pemungutan suara, penghitungan hingga rekapitulasi suara Pemilu 2024 disimulasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh di Jalan Pemuda, Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu (31/1).

Diperagakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman yang telah mengurus pindah memilih ke Kota Payakumbuh, memberikan hak suaranya dipandu KPPS yang bertugas dalam simulasi yang digelar, kemarin.

Disaksikan Ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir, Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan dan tokoh masyarakat serta para undangan, alur tahapan pemungutan suara menggambarkan proses secara jelas sesuai aturan pemungutan suara yang akan digelar, Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

“Kita berharap dengan digelarnya simulasi ini, bisa menjadi gambaran jelas bagi masyarakat yang akan menunaikan hak pilih dan bagi penyelenggara untuk memastikan, tidak terjadi kesalahan dalam tahapannya nanti saat pemungutan suara dilaksanakan,” kata Ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir didampingi komisioner lainnya, Orisko Zulkifli, Suci Wildanis dan Khairuddin Fambo yang hadir saat simulasi.

Sementara Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman berharap pelaksanaan di hari pemilihan nanti bisa dilaksanakan tepat waktu, sehingga tidak terjadi penumpukan masyarakat.

“Semoga simulasi yang digelar KPU hari ini, bisa menjadi acuan bagi KPPS dalam menjalankan tugas pemungutan suara nantinya. Persiapkan fisik dan mental agar tugas penyelenggaraan berjalan dengan baik,” harapnya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Payakumbuh, Suci Wildanis menyebut pihaknya sangat memperhatikan hak masyarakat, sehingga diharapkan tidak ada yang masyarakat yang sudah masuk dalam daftar pilih kehilangan hak mereka.

“Kita sangat memperhatikan hak masyarakat, sehingga diharapkan tidak ada yang masyarakat yang sudah masuk dalam daftar pilih kehilangan hak mereka nantinya. Mudah-mudahan dengan semua anggota KPPS yang sudah di Bimtek, paham tugas dan tahapannya dengan baik ,” ucap Suci.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolres Payakumbuh, Kompol Russirwan berharap pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan berjalan dengan lancar dan baik.

“Kita tentu berharap situasi kondusif dengan keamanan yang terjaga dengan baik pada pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum ini,” harap Ruswirwan. (fdl)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Snaptik Vs Tiktokio : Mana yang Lebih Baik?

Besar, Potensi Pariwisata Batipuh Selatan