in

BMKG Mengimbau Untuk Nelayan di Kepri

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengimbau nelayan di Kepulauan Riau untuk waspada karena potensi tinggi gelombang mencapai 1,5 hingga 3 meter selama seminggu ke depan.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Diana Siregar,  mengungkapkan, untuk wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam, Lingga, Bintan dan Tanjungpinang tinggi gelombang berpotensi mencapai 1,5 meter, sementara Anambas dan Natuna berpotensi mencapai 2 hingga 3 meter.

Tak hanya seorang nelayan, masyarakat Kepri yang menggunakan transportasi laut pun diimbau senantiasa memperbaharui kondisi cuaca terbaru ke BMKG maupun pihak terkait lainnya guna menghindari terjadinya kecelakaan laut.

“1,5 hingga 3 meter itu termasuk gelombang kategori sedang, ini harus diwaspadai oleh pelaut,” ujar Diana di Tanjungpinang, Senin (3/12).

Menurut Diana, potensi gelombang tinggi disebabkan pertemuan massa udara di sekitar wilayah Kepri. Hal itu, sebutnya, menimbulkan pertumbuhan awan konvektif seperti Cumulonimbus (CB) yang kemudian menyebabkan terjadinya hujan lokal disertai petir.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Peresmian Kebun Raya Batam

Pemusnahan Rokok Ilegal di Tanjungpinang