in

BPJS Kesehatan Sinergikan Program JKN-KIS Dengan DPR RI dan Walikota Jakarta Selatan

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah khususnya Pemprov DKI Jakarta menyiapkan segala cara agar kasus ini tidak meluas. BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara Program JKN-KIS terus menjalin sinergitas dengan pemerintah, salah satunya dengan menghadiri acara kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IX di Walikota Jakarta Selatan. Acara yang diadakan pada Kamis (02/04) dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi IX, Walikota Jakarta Selatan beserta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Puskesmas se-Jakarta Selatan dan para pejabat lainnya.

Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali yang juga sekaligus pimpinan dalam acara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap dalam menghadapi wabah virus Corona (Covid-19). Marullah juga meminta agar seluruh pejabat negara khususnya dalam bidang kesehatan selalu bersinergi dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Kasus virus Corona telah membuat masyarakat gempar. Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai macam upaya agar dapat menekan kasus penyebaran Covid-19. Saya menyarankan untuk para pejabat pemerintahan di Jakarta khususnya dalam bidang kesehatan harus selalu bersinergi guna memerangi wabah virus corona ini,” ujar Marullah.

Selain itu, salah satu anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengatakan bahwa kesiapan pemerintah daerah sangat penting sebab kesiapan pemda tersebut yang akan memperkuat kesiapan pemerintah pusat dalam memerangi wabah Covid-19. Kurniasih juga berharap agar masyarakat dapat terhindar dari virus Corona dan menghimbau kita untuk terus selalu menjaga kesehatan.

“Sebelumnya kami telah mengadakan rapat dengan menteri kesehatan dan dihadiri juga oleh seluruh Dirjen serta Kemendagri, karena bagaimana pun kesiapan Pemda harus dipantau dari Pusat dan ini juga merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat. Ada banyak program yang telah dijalankan oleh pemerintahan. Kita juga perlu melakukan koordinasi semua Program yang sedang maupun yang akan berlangsung dengan pemerintah khususnya untuk pemerintah kotamadya Jakarta Selatan,” untgkap Kurniasih.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Elfanetti menyampaikan sebagai badan publik yang menyelenggarakan program jaminan keehatan juga siap untuk terus memberikan pelayanan kesehatan kepad masyarakt. Hingga saat ini, Elfanetti mengungkapkan setiap harinya banya masyarakat yang berkunjung ke kantornya untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS. Dengan memanfaatkan moment tersebut, pihaknya juga akan terus memberikan pemahaman terkait pencegahan virus yang sedang mewabah tersebut.

“Dari 2,3 juta penduduk Jakarta Selatan sudah ada 2,2 juta orang yang telah terdaftar di Program JKN-KIS. Kami telah melakukan beberapa Program salah satunya dengan pelayanan jemput bola untuk mendekatkan BPJS ke masyarakat (Mobile Customer Service). Program itu dilaksanakan setiap hari dan juga dilakukan sosialisasi dengan koordinasi ke kecamatan atau kelurahan setempat. Selain itu, kami juga mencanangkan sistem antrean online yang sudah terkoneksi pada Aplikasi Mobile JKN. Program-program tersebut kami lakukan guna meningkatkan pelayanan kami terhadap masyarakat,” kata Elfanetti.

 

AS/sw

What do you think?

Written by Julliana Elora

Satgas Covid-19 Berlakukan Protap Bagi KRI Yang Sandar

Ajeng Takjub Dengan Langkah BPJS Kesehatan Cegah Virus Corona