in

Cegah Pencurian, Hidupkan Lagi Poskamling

KOMPAK: Masyarakat Nagari Sontang Cubadak bersama Bhabinkamtibmas Polsek Panti bergotong royong membangun Poskamling, Senin (13/3).(IST)

Dalam rangka mencegah maraknya kasus pencurian hasil pertanian, jajaran Polsek Panti bersama masyarakat Nagari Sontangcubadak kembali menghidupkan Poskamling.

Kapolsek Panti Iptu Mahmud Choir mengatakan dalam beberapa bulan terakhir, di wilayah hukum Polsek Panti menerima banyak sekali keluhan masyarakat terkait kehilangan hasil pertanian.

Untuk mencegah terjadinya hal serupa, maka Poskamling akan dihidupkan kembali pada masing-masing nagari, sembari melakukan pengamanan menjelang bulan suci Ramadhan. “Dari laporan masyarakat kepada personel dalam dua bulan terakhir sudah puluhan kali terjadi aksi pencurian,” ungkapnya.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak nagari dan telah menentukan titik-titik rawan pencurian hasil pertanian masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat Poskamling. “Kebanyakan yang hilang itu dari hasil perkebunan, seperti pinang, cokelat (kakao), kalau untuk padi sangat jarang,” ujarnya.

Ke depannya, dalam Poskamling pihaknya akan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, di samping masyarakat setempat yang akan bertanggung jawab menjaga keamanan lingkungan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita masih menunggu pihak nagari untuk melakukan pembangunan posko keamanan, namun nagari yang akan menjadi pusat percontohan sudah kita siapkan di daerah Petok, agar masing-masing nagari segera mengikuti,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan masih belum terlaksana karena pihak nagari masih menunggu anggaran untuk melakukan pembangunan posko dan masih menyusun anggota yang piket mendampingi masyarakat dalam melaksanakan pengamanan.

“Untuk posko masing-masing kampung kita rasa masih belum sanggup untuk melakukan. Kita akan berfokus terhadap nagari terlebih dahulu, namun jika ada masyarakat yang akan melakukan pembangunan, kita akan sangat mendukung dan akan melakukan koordinasi,” jelasnya.

Ia berharap tindak kriminal di wilayah Polsek Panti khususnya dan Kabupaten Pasaman umumnya berkurang, sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat dan terciptanya lingkungan masyarakat yang kondusif. (cr8)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Inovasi Teknologi Dukung Produksi Beras

410 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka