in

CPI Ziarah Makam Sultan yang Terlupakan

Palembang, BP

Selepas sholat ashar di Masjid Sultan Agung, Cakrawala Perjuangan Indonesia (CPI) langsung ziarah ke makam Sultan Palembang Darusalam yang ke-tiga, Sultan Agung Komaridin Sri Truno yang berada persis di dalam komplek masjid tersebut, Selasa (16/2).

Namanya sekarang memang tidak se-mansyur Sultan Mahmud Badaruddin, tetapi jasanya di masa kesultanan sangat harum.

Sultan Agung Komaruddin dengan nama lengkap Sultan Agung Komaruddin Sri Teruno adalah Sultan ke-tiga Kesultanan Palembang Darussalam (Memerintah dari tahun 1718 sampai 1727) menggantikan Keponakannya, Pangeran Purbaya dari Palembang yang meninggal 1 hari setelah berkuasa karena diracun, Sultan Agung Komarudin merupakan Adik dari Sultan Muhammad Mansyur.

Jasanya bagi Kesultanan Palembang Darusalam yaitu mampu mendamaikan perang saudara Palembang yang melibatkan Sultan Anom Alimuddin dan Mahmud Badaruddin I, dua anak Sultan Muhammad Mansyur yang memperebutkan tahta putra mahkota Kesultanan Palembang Darussalam.

Bukan hanya makam Sultan Palembang Darusalam ke-3, di daerah sekitar komplek Masjid Agung tersebut dulunya adalah komplek pemakaman bagi keluarga sultan namun sekarang telah hilang, tertimbun, dan rusak.#osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pusri gelar donor darah plasma konvalesen rayakan bulan K3

Soal Penimbunan Kawasan Kramasan, Komisi IV DPRD Sumsel Akan Panggil   BPKAD dan PU Perkim Sumsel