in

Disporaparbud sergai Adakan Festival Tari Serampang XII Dan Tari Kreasi Jawa

Perbaungan  ( Berita ) : Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan ( Dispora Parbud ) Kabupaten Serdang Bedagai melaksanakan Festival Tari Serampang XII Dan Tari Kreasi Jawa Sekaligus Pengukuhan yayasan Sauti Serampang XII,  dengan Tema” melalui festival Tari Serampang XII Dan Tari Kreasi Jawa.

Mari kita jaga kelestarian seni dan budaya di tanah bertuah negeri beradat, acara Festival di laksanakan di kompleks reflika istana sultan serdang, jalan lintas Sumatera medan-tebing tinggi nomor 42 Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan, Rabu ( 25/04 )

Acara festival Tari Serampang XII Dan Tari Kreasi Jawa ini di hadiri oleh Bupati Serdang Bedagai Ir.H.Sokirman yang di wakili oleh Asisten III H.Karno siregar, Kadis pariwisata Provinsi Sumatera Utara Idawati, Kadis poraparbud sergai Drs.Santun Banjarnahor, Kabid Kebudayaan Searca Agung Nugroho,SE.

Kabid Kepemudaan dan olah raga Syamsuddin Tarigan, Kasi Tradisi Kesenian Erwin Rangkuti, Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Janatal  Manurung, Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Mhd Alfin Soekri Lubis, Paguyuban temu kangen bedah budaya Sergai H Poniman, Ketua Serampang XII ( Dua Belas ) Sergai H. Akhiruddin Sauti, Kapolsek Perbaungan AKP.Ilham Harahap, SH, Dandim 0204 Deli Serdang di wakili oleh Serma Suhendri, Ketua MPC Pemuda Pancasila Sergai Syaiful Azhar, Ketua PAC Perbaungan M.Khair,SE.

Pembina serampang XII H.Makmur sauti dalam kata sambutan nya mengatakan” saya mewakili ahli waris sauti sangat bergembira dengan terbentuknya yayasan sauti serampang XII untuk itu kita selaku keluarga Almarhum Sauti mengharapkan agar kiranya kita terus bergandengan tangan sehingga dapat terus menggali kebudayaan dan seni budaya khusus nya peninggalan seni Tari Serampang XII.

Peningggalan leluhur kita Almarhum Guru Sauti, almarhum Sauti semasa hidupnya juga mengajarkan tari serampang kepada Keluarga pesiden pertama soerkarno,kita dari keluarga Almarhum Guru Sauti sangat mengharapkan agar kiranya tari serampang XII ini bisa lebih maju kedepan nya, sehingga seni budaya dan tradisi melayu tidak pernah hilang di tanah bertuah negeri beradat Kabupaten serdang bedagai.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan ( Disporaparbud ) sergai Drs Santun Banjarnahor M.Si dalam kata sambutan nya mengatakan” kita harapkan setelah dikukuhkan nya yayasan sauti oleh Bapak Bupati Serdang Bedagai Ir.H.Soekirman yang di Wakili Oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum H.Karno Siregar.

Serdang bedagai akan terangkat di dunia, dengan Seni Budaya khas Tarian Serampang XII dan nantinya Kota Perbaungan akan di jadikan sebagai Kota serampang XII karena Kota Perbaungan adalah Kota kelahiran almarhum Guru Sauti, kita melalui dinas parbud pora menegaskan sangat peduli dengan para Penggiat budaya yang mau melestarikan budayanya di serdang bedagai sehingga dapat mengangkat kabupaten ini dengan berbagai prestasi, seperti seni budaya dan tradisi tanah bertuah negeri beradat, sehingga dapat memberikan keanekaragaman yang ada di kabupaten Serdang Bedagai.

Murid Guru Sauti Pelaku seni budaya Kabupaten Deli serdang Yoserizal dalam kata sambutan nya mengatakan” Almarhum Guru Sauti adalah seorang Maestro yang dilahirkan dari kota perbaungan, namun yang sangat kita sesalkan rumah almarhum guru sauti tempat lahirnya serampang XII kini telah di kuasai oleh orang lain.

Jadi kita mengharapkan agar nantinya kita dapat melakukan dalam bentuk sumbangan agar kita dapat mengambil kembali rumah almarhum Guru Sauti sebagai aikon serampang XII, mari kita bersama sama bahu membahu membangun ideologi serampang XII sehingga tanah bertuah negeri beradat ini bisa maju dengan serampang XII nya.

Kepala dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara DR.Ir.Hj.Idawati M.Si dalam kata sambutan nya mengatakan” Dengan adanya museum serampang XII di kabupaten Serdang Bedagai kita nantinya dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara akan mendatangkan wisata baik wisata lokal maupun wisata mancanegara ke kabupaten Serdang Bedagai, Program pembangunan museum serampang XII sudah kita buat namun dalam anggaran tahun 2018 ini kita hanya menyiapkan anggaran pada bangunan museum saja.

Di harapkan kepada seluruh elemen agar kiranya dapat bekerjasama dalam pengadaan lahan untuk tempat pembangunan museumnya,museum serampang XII ini nantinya akan menjadi produk unggulan bagi provinsi Sumatera Utara,untuk menarik wisatawan ke kabupaten serdang bedagai, dalam tarian serampang XII Setiap gerakan tangan pada tari serampang XII memiliki makna dan arti di setiap gerakan nya, dan menurut saya ini hal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, karena hidup dengan budaya saya merasa hidup dengan tenteram.

Bupati Sergai Ir.H.Soekirman yang di wakili oleh Asisten III ( Tiga ) Bidang Administrasi dan Umum H.Karno Siregar  dalam kata sambutannya mengatakan” kita atas nama pemerintah kabupaten Serdang Bedagai sangat mengapresiasi terhadap almarhum guru sauti selaku pencipta tari serampang XII.

Yang dapat memunculkan budaya serdang bedagai yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, sehingga mengangkat harkat dan martabat kabupaten serdang bedagai, Tari Serampang XII Karya Almarhum Guru Sauti Di tetapkan Sebagai Warisan budaya Nasional tidak benda ( WBTB )( pada urutan ke -9.

Sementara pemerintah melalui direktorat jendral kebudayaan bidang internalisasi dan kebudayaan tahun 2015 telah memberikan penghargaan kebudayaan berupa Satya Lencana Kebudayaan kepada ahli waris keluarga Almarhum Guru Sauti, Melalui kegiatan Festival tari serampang XII dan tari kreasi jawa di tanah bertuan negeri beradat ini di harapkan agar menumbuhkan minat generasi muda untuk menjadi penari-penari serampang XII dan sekaligus mampu memahami ragam budaya dan potensi yang ada di kabupaten serdang bedagai.

Festival Tari Serampang XII Dan Tari Kreasi Jawa Sekaligus Pengukuhan yayasan Sauti Serampang XII telah kita laksanakan, Saya mewakili Bupati Serdang Bedagai Ir.H.Soekirman berharap agar kiranya yayasan sauti serampang XII dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat, semoga yayasan ini nantinya dapat berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan harapan pemerintah kabupaten.

Ketua PB Mabmi pusat Zidane dalam kata sambutan nya mengatakan” Setau saya pada tahun 60 an guru sauti adalah sosok seorang maestro, dan pada saat ini juga sang Guru mendapat maestro di serdang bedagai, semoga kedepannya yayasan ini benar benar di manfaatkan untuk mengembangkan tarian serampang XII sehingga dapat menarik minat generasi muda.

Untuk mengembangkan tari serampang XII, karena pada saat ini generasi kita sangat kurang minat tentang seni budaya dan tradisi leluhurnya, karena faktor kultural kitalah sehingga generasi muda kita sudah menganggap enteng tentang seni budaya dan tradisi leluhurnya, sehingga perlunya.

Pemerintah untuk segera mendongkrak para penggiat seni budaya dan tradisi, sementara serampang XII milik guru sauti ini sudah mendunia sehingga kita harus berani melawan pemikiran pemikiran, dengan kajian kajian yang ilmiah sehingga budaya ini tetap lestari di bumi serdang bedagai.

Mari kita kembangkan pemikiran pemikiran guru sauti, dengan lahirnya serampang XII. Kalau kita bicara tentang seni budaya dan tradisi tidak pernah bisa terlepas dengan ideologi, sehingga kita dapat menggali dan melestarikan kearifan lokal dan Nilai nilai kearifan lokal.

Acara di lanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan milik Almarhum Guru Sauti yang diwakili oleh KetuaSerampangan XII ( Dua Belas ) Sergai H. Akhiruddin Sauti kepada Bupati Sergai Ir.H.Soekirman yang di wakili oleh Asisten III ( Tiga ) Bidang Administrasi dan Umum  H.Karno Siregar.

Selepas itu dilanjutkan dengan pembukaan Tirai Plank nama yayasan sauti serampang XII, secara simbolis di lakukan oleh Bupati Sergai Ir.H.Soekirman yang di wakili oleh Asisten III ( Tiga ) Bidang Administrasi dan Umum  H.Karno Siregar, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan ( Disporaparbud ) sergai Drs Santun Banjarnahor M.Si.

Kapolsek Perbaungan AKP.Ilham Harahap, SH, Dandim 0204 Deli Serdang di wakili oleh Serma Suhendri,lalu acara dilanjutkan dengan Tari Serampang XII Dan Tari Kreasi Jawa yang di bawa oleh para maestro seperti Murid Guru Sauti Yoserizal, Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara  DR.Ir.Hj.Idawati M.Si dan diikuti oleh seluruh sanggar tari yang ada di kabupaten serdang bedagai.( Ims)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Di Pangandaran, Pemerintah Bangun 204 Unit Rumah Buat Nelayan

Pegadaian Menuju “G 5 Generation” Tingkatkan Pelayanan