in

Distribusi Logistik ke Galugua Tersulit

MEDAN TERJAL: Kendaraan pengangkut logistik pemilu kesulitan saat melewati ruas jalan ke Nagari Galugua, Kecamatan
Kapur IX, Limapuluh Kota. Distribusi ke daerah itu termasuk yang tersulit karena akses jalan yang tidak memadai.(DEDI A BENDANG FOR PADEK)

Pemungutan suara memang telah selesai Rabu (14/2). Namun banyak hal yang terjadi selama pemungutan suara bahkan saat pendistribusian logistik Pemilu.

Salah satunya distribusi logistik pemilu ke daerah terluar Limapuluh Kota, Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX, menjadi tempat tersulit untuk dijangkau.

Akses jalan yang sulit memaksa petugas dari KPU Limapuluh Kota bersama tim pengamanan harus bekerja ekstra menarik kendaraan pengangkut logistik.

Begitu sedikit gambaran perjuangan jelang perhelatan akbar pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 di Limapuluh Kota. Terlihat di akun instagram Polres 50 Kota, personel polisi bersama warga ikut menarik kendaraan pengangkut logistik di jalan tanah menuju Jorong Galugua, Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX.

Daerah ini merupakan nagari yang berbatasan langsung dengan Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau atau berjarak sekitar 70 hingga 80 kilometer dari pusat Kabupaten Limapuluh Kota. Akses jalan yang masih jalan tanah di sejumlah titik menjadi sangat sulit dilewati, apalagi saat diguyur hujan.

Pada saat dilakukan distribusi Logistik ke Nagari Galugua, cuaca saat itu dalam kondisi usai diguyur hujan. Sehingga membuat kendaraan terjebak lumpur dan terpaksa ditarik.

”Alhamdulillah, Senin (12/3) logistik sudah sampai di TPS 3 dan 5 Galugua,” terang Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Okto Rizaldi, Rabu (13/2) lalu.

Kemudian sisa logistik disimpan di kantor PPS Nagari Galugua, kemudian sehari sebelum hari pemungutan suara, logistik bisa mencapai semua lokasi TPS yang ada.

“Singgah di Kantor PPS, kemudian baru setelahnya pada tanggal 13 Februari sehari sebelum pemungutan suara, logistik disebar ke seluruh TPS,” terang Ketua KPU.

Meski cukup jauh dan membutuhkan kerja ekstra untuk mengirim logistik, namun pemungutan suara di Galugua, kata Ketua KPU berjalan dengan lancar. “Untuk pelaksanaan pemungutan berjalan lancar tanpa ada kendala,” tutup Okto. (fdl)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPT SD Negeri Paninjauan, Pengaruh Word Square Terhadap Minat Belajar Siswa

UPT SMP Negeri 2 Tanjuangbaru, Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter