in

Goresan Berujung Penghargaan

BIKIN BANGGA : Para guru penulis Kabupaten Limapuluh Kota ketika mendapatkan penghargaan dari Padang Ekspres di momen HUT Guru tahun ini.(IST)

Ibarat kata pepatah, tidak ada yang sia–sia jika kita mau berbuat. Ungkapan seperti inilah yang memotivasi diri penulis. Supaya tetap berbuat dan menyebarkan kebaikan dalam ruang lingkup Literasi di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota.

Berawal dari motivasi dari salah seorang teman di sekolah. Marayani,S.Pd. begitulah namanya. Di mana, beliau telah lebih dulu menulis dan tulisannya telah terbit di Koran Padang Ekspres. Ia mengajak dan selalu memotivasi saya untuk mau memulai dan berani mencoba. Akhirnya saya pun mencoba untuk memulai dan terus mencoba menulis.

Sebuah artikel dengan judul “Sepenggal Cerita tentang Pencari Ilmu”, merupakan artikel pertama yang saya tulis. Setelah artikel tersebut selesai ditulis, saya coba untuk mengirimkan kepada kru Padang Ekspres melalui koordinator Laman Guru Limapuluh Kota.

Hari Rabu pun tiba. Saya cari koran Padang Ekspres yang terbit pada tanggal 12 Oktober 2022. Namun nasib belum berpihak kepada saya. Artikel yang telah saya kirim belum dimuat di Laman Guru Liko waktu itu.

Saya pun tidak putus asa, kembali saya kirimkan artikel tersebut untuk minggu selanjutnya, tentunya dengan tulisan yang sudah saya perbaiki lagi, terutama terkait penempatan tanda bacanya. Alhamdulillah pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2022 artikel perdana saya muncul. Semua rasa bercampur menjadi satu.

Dengan diterbitkannya tulisan perdana, menjadi motivasi tersendiri bagi saya. Kembali menulis dan terus menulis untuk tulisan kedua dengan tajuk “Pramuka Salah Satu Wadah Pembentuk Karakter”. Tulisan kedua ini kembali diterbitkan Padang Ekspres pada tanggal 26 Oktober 2022. Rasa percaya diri saya semakin bertambah dan motivasi untuk menulis semakin menggebu.

Ketika ada waktu yang kosong atau di sela–sela kegiatan sekolah dan pekerjaan rumah, notebook putih Lenovo berusia kurang lebih 8 tahun selalu menemani dalam menuangkan ide–ide saya. Untuk tulisan berikutnya saya beri judul “Motivasi Diri dengan Selembar Kertas” dan alhamdulillah kembali terbit di Laman Guru Liko tanggal 2 November 2022.

Dengan sudah mulai banyaknya tulisan saya terbit, saya makin berhasrat untuk menulis dan menulis lagi. Ini eakan sudah menjadi kebiasaan dan ingin selalu mencurahkan rasa yang ada ke dalam bentuk tulisan.

Tak terasa tiga artikel saya sudah terbit di Padang Ekspres. Rupanya tulisan–tulisan yang telah terbit tersebut menjadi pantauan oleh para penggiat Literasi Kabupaten Limapuluh Kota. Pada tanggal 10 November 2022, Yosi Gumala, S.Pd M.M.Pd menghubungi saya dan meminta data pribadi saya. Saya bertanya–tanya, tetapi Ibu Yosi bilang, “Ada deh…”.

Perasaan penasaran menghiasi hari–hari saya. Sampai suatu ketika, saya melihat HP dan nomor saya telah digabungkan ke dalam grup WA “Penghargaan Padek 22”. Saya langsung menghubungi ibu Yosi dan menanyakan tentang grup tersebut. Dengan jawaban yang sangat sederhana ia bilang “tunggu tanggal mainnya “.

Hati saya kembali dibuat penasaran oleh jawaban yang diberikan oleh ibu Yosi. Tepatnya 18 November 2022, sekitar jam 21.00 WIB, HP saya berbunyi tanda ada pesan grup WA. Saya baca dan saya merasa bangga sekali karena Padang Ekspres akan memberikan penghargaan tepat pada tanggal 25 November 2022 (Hari Guru). Tiada yang percuma, jika kita mau berusaha. Salam Literasi ! (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Cristiano Ronaldo Dilaporkan Tetap Perkuat Portugal di Euro 2024

Menangis saat Lolos ke Final, Scaloni: Saya Merasa Terhormat Melatih Messi