in

Hari Pertama, Pasa Pabukoan Diserbu Warga

TANAHDATAR, METRO – Memasuki hari pertama, bulan suci Ramadhan 1440 H, pasar pabukoan yang berada di Pasar Atas Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di depan Masjid Ihsan Batusangkar diserbu masyarakat untuk membeli kebutuhan berbuka puasa.

Pedagang merasa senang dan gembira, rata rata dagangan yang mereka jual ludes terjual diborong pembeli. Peningkatan ini sangat terasa dibandingkan awal Ramadhan tahun lalu, mungkin ini disebabkan sebagaian masyarakat lebih senang membeli santapan berbuka dari pada membikin sendiri, kata Marni pedagang kolak.

Berbagai macam menu masakan khas daerah Luhak nan Tuo di jual pasar tersebut, menggugah selera pembeli untuk segera menikmatinya, menjelang waktu buka tiba. “Berjalan jalan di pasar pabukoan sambil cuci mata melihat makanan apa yang akan saya bawa pulang untuk keluarga,” ujar Sri pengunjung pasar pabukoan.

Menjelang waktu shalat ashar tiba atau sesudahnya, pasa pabukoan mulai ramai di kunjungi pembeli, tua, muda, anak-anak hingga orang dewasa tumpah ruah kesana, berbelanja sekaligus menghilangkan penat menahan puasa dari imsak hingga magrib tiba. Pasa pabukoan Kota Batusangkar terletak di jantung kota, persisnya di Pasar atas depan Masjid Ihsan Batusangkar dan masih menempati lokasi lama.

Sementara itu, di antara tumpukan pengunjung pasar pabukoan terlihat dua orang gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang duduk di atas gerobak dorongnya. Ia mengharapkan recehan dari mereka para pengunjung pasar pabukoan Batusangkar.

Selain itu, di luar pasar yakni di jalan raya terlihat kesibukan Polisi Lalulintas  mengatur keamana dan ketertiban berlalulintas, agar semua pengunjung Pasar pabukoan yang menggunakan jalan raya Batusangkar dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar kata Kasat lantas Iptu Fitri, Senin (5/5) kemarin. (ant)


What do you think?

Written by virgo

5 Langkah TOP Mendidik Anak Bandel

Keira Knightley hamil anak kedua