in

HUT Ke-42, Satpam Dituntut Berkontribusi Nyata

PERAYAAN: Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin
upacara HUT ke-42 Satpam di Mapolda Sumbar, Senin (30/1).(IST)

Satuan Pengamanan (Satpam) genap berusia 42 tahun Senin (30/1). Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin langsung upacara HUT Satpam sekaligus pemotongan tumpeng di lapangan apel Mapolda Sumbar.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personel satpam dimana pun bertugas. Semoga satpam semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas. Dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan kapolda, terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyaratan dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional. Ini bertujuan untuk mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia.

“Polri menyadari dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibanding dengan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa,” tutur Kapolda.

Mendukung tugas Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif, Satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing- masing.

“Menyadari hal tersebut, peningkatan peran dan pembinaan Satpam sebagai pengamanan swakarsa menjadi salah satu kegiatan dalam program Transformasi Menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional Program ke-5 dan Kegiatan ke-21. Yaitu peningkatan peran pengamanan swakarsa melalui peran aktif pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa,” ungkap Kapolda.

Selain upacara, Direktotat Binmas Polda Sumbar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergi Satpam dengan kepolisian dalam bentuk bakti sosial. “Hasil dari donor darah ini dapat didistribusikan kepada masyarakat yang nantinya membutuhkan bantuan darah melalui PMI Kota Padang,” tambahnya. (rid)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gadget, Tantangan Dalam Dunia Pendidikan

Sejumlah Ruas Jalan Dalam Kota Sanana Rusak Parah, Pemda Seakan Tutup Mata