in

Inilah 19 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta Paling Populer Dikunjungi Wisatawan

Dibalik hiruk pikuk kota terbesar di Indonesia yang tak pernah lepas dari sorotan publik, Jakarta menyimpan sejuta pesona. Salah satunya adalah wisata kuliner yang turut pula ikut mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata ibukota.

Ketersediaan berbagai tempat wisata di Jakarta adalah satu bukti bahwa Jakarta masih merupakan tujuan wisata di tanah air. Beberapa destinasi menarik, seperti Monas, TMII, Ancol Dreamland, Pulau Seribu, hingga Dufan adalah sebagian kecil dari ratusan tempat wisata di ibukota yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Secara tidak langsung, berkembangnya sektor pariwisata tersebut berdampak positif pada perkembangan wisata kuliner Jakarta. Dari restoran, cafe, warung lesehan, hingga sejumlah rumah makan berdiri di mana-mana seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Wisata Kuliner di Jakarta

Tempat makan enak memang tidak selalu berhubungan dengan destinasi atau landmark tertentu, meski bisa saja keduanya saling berkaitan. Berbicara tentang tempat makan enak di Jakarta, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata kuliner yang populer menurut warga Jakarta atau mereka yang pernah berkunjung ke Jakarta.

1. Restoran Jemahdi Seafood

Perburuan tempat makan enak di Jakarta kali ini kita mulai dari Restoran Jemadi Seafood. Dari namanya, jelas restoran ini menawarkan jenis makanan laut. Hal menarik dari tempat ini mungkin tidak hanya dari menu yang ditawarkan, tapi juga dari konsep restoran yang didesain nyaman dan family friendly.

Restoran Jemahdi Seafood di Pantai Indah Kapuk, Jakarta via mypleasuretime.blogspot.co.id

Semua makanan yang tersaji di Restoran Jemadi Seafood dimasak oleh chief yang berpengalaman mengolah makanan laut. Citarasa makanan di tempat ini sangat menggoda, namun masalah harga masih bisa ditolelir alias cukup murah. Bagi yang ingin makan enak dengan menu seafood, Anda dapat datang ke Restoran Jemadi Seafood di kawasan Pluit dan Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Alamat Restoran Jemahdi Seafood: Jl. Pluit Timur No. 24, Pluit, Jakarta Utara

2. Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant

Makanan enak terkadang memang berbiaya mahal. Ini berlaku bila Anda makan di Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant. Meskipun restoran ini mengenakan tarif relatif mahal, namun rasanya sebanding dengan kualitas menu yang ditawarkan.

Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant via anekainfounik.net

Seperti namanya yang berbau Jepang, Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant menawarakan beberapa makanan siap saji ala Jepang. Beberapa makanan paling favorit di restoran ini, diantaranya Yakiniku, Salad Dressing, Beef & Chicken Bowl, Spicy Chicken, dan Chicken Salad. Penasaran? Buktikan sendiri keunikan rasa sajian khas Jepang di Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant ini.

Alamat Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant: Plaza Indonesia Extension – Lt 5, Jalan MH. Thamrin Kay 28 – 30, Jakarta Pusat

3. Pecenongan

Pecenongan adalah kawasan tempat makan enak di Jakarta sekaligus salah satu surganya penikmat kuliner malam di Jakarta. Hampir setiap sudut di kawasan ini didominasi sejumlah cafe dan warung tenda yang umumnya mulai beroperasi sejak pukul 5 sore hingga lepas tengah malam. Meskipun hanya warung tenda biasa, namun harga makanan di kawasan ini terbilang cukup mahal, bahkan setara dengan harga makanan di sejumlah mall atau restoran mewah.

Kawasan kuliner Pecenongan di Jakarta via beebibl.com

Bagi warga Jakarta atau wisatawan penikmat kuliner yang pernah ke Pecenongan, beberapa menu favorit adalah martabak, seafood, dan Chinese Food. Pecenongan memang telah terkenal sebagai tempat wisata kuliner Jakarta sejak tahun 1970 silam. Tidaklah aneh bila kawasan Jalan Pecenongan Jakarta ini selalu dipadati pengunjung, terutama wisatawan asing.

Alamat Pecenongan: Jl. Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat

Baca juga: Inilah 12 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Diminati Wisatawan

4. Mie Tarik Laiker

Bagi Anda pecinta makanan mie olahan, jangan lupa memasukkan Mie Tarik Laiker ke dalam daftar perburuan tempat makan paling enak berikutnya. Dari makanan yang disajikannya, terlihat bahwa tempat makan ini mengusung kolaborasi menu Indonesia dan Malaysia.

Mie Tarik Laiker di Grand Indonesia via kompasiana.com

Bagi Anda yang suka menu-menu seperti bakmi, kwetiaw, dan sajian dari bahan mie lainnya, Anda dapat mengunjung Mie Tarik Laiker. Harga yang dikenakan per porsi berkisar Rp 50 ribu.

Alamat Mie Tarik Laiker: Grand Indonesia Lt 3 Food Louver – Jalan MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat

5. Kwetiaw Akang

Kwetiaw yang satu ini bukanlah kwetiaw seperti yang ada di Mie Tarik Laiker, tapi produk kuliner asli Kwetiaw Akang Jakarta. Seperti namanya, tempat ini mengandalkan menu utama Kwetiaw. Meskipun begitu, tersedia juga menu lainnya seperti nasi siram, yaitu nasi yang terkenal dengan aroma wangi dan rasanya yang lezat.

Kwetiaw Akang di Muara Karang Raya, Jakarta via niyaoke.blogspot.co.id

Jika Anda datang pada Sabtu malam, dapat dipastikan Kwetiaw Akang akan dipenuhi banyak pengunjung. Sebaiknya Anda memilih datang ke salah satu cabang Kwetiaw Akang yang ada di beberapa lokasi di Jakarta, seperti Cengkareng, Muara Karang, Mangga Besar, Pondok Indah, dan Kelapa Gading. Harga Kwetiaw di Kwetiaw Akang ini per porsi berkisar Rp 30 ribu.

Alamat Kwetiaw Akang: Jl. Muara Karang Raya (Blok Z6) No. 21, Penjaringan, Jakarta Utara

What do you think?

Written by virgo

ANTARA Doeloe : Kapal penghisap lumpur “Bali” kali pertama diperkenalkan di perairan Musi

10 Kebiasaan Anak yang Harus Ditanam Sebelum Anak Menjadi Remaja