in

JCI West Sumatera Kunjungi Usaha Peternakan Ayam Petelur

Bidang Business & Entrepreuneurship JCI West Sumatera melaksanakan program kerja JCI Visit Your Business peternakan ayam petelur di Peternakan Ayam Petelur Mulyadi Lubuk Bonta, Padangpariaman, Minggu (19/3).

Local Presiden JCI West Sumatera Ibrahim Irwan Prayitno menyampaikan Visit Your Business adalah salah satu program JCI West Sumatera 2023. Tujuan program ini agar member JCI dapat belajar dan sharing-sharing dari member JCI yang memiliki usaha/bisnis dalam sektor apapun.

Selain itu, teman-teman member JCI juga bisa melakukan kerja sama dengan member lainnya setelah melakukan program ini.

“Kami berharap program ini dapat dilaksanakan secara berkala dikarenakan business and entrepreneurship adalah salah satu priority areas dari JCI West Sumatera,” jelas Ibrahim.

Sementara itu, Project Director Visit Bisnis Jimmy N Sharma mengatakan kunjungan ini merupakan kegiatan survei langsung pada peternakan ayam petelur guna menambah pengetahuan tentang bisnis peternakan melalui diskusi, observasi dan wawancara.

Dengan tujuan untuk mengedukasi dan menambah ilmu pengetahuan, wawasan, serta melihat potensi tentang dunia peternakan khususnya unggas.

Kegiatan ini juga menginformasikan serta memaparkan kepada anggota dan masyarakat yang berkaitan dengan peternakan unggas itu sendiri.

Peternakan Ayam Petelur Mulyadi merupakan peternakan ayam petelur yang memiliki beberapa kandang, masing-masing kandang yang berjumlah 3.000-6.000 ekor ayam petelur. Pemberian pakan ayam petelur di peternakan tersebut dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pukul 7 pagi dan pukul 1 siang.

Pemberian pakan di peternakan masih dilakukan secara manual dan beberapa menggunakan mesin. Selain itu di peternakan ini juga ayam rutin diberikan vitamin dan vaksin. Sedangkan untuk produksi telur produksinya berkisar 1-2 kali setiap hari.

Mulyadi menjelaskan bahwa awal mula bisnis peternakan ini dilakukan dengan keberanian dan keminatannya sejak 10 tahun yang lalu. Keunggulan dari bisnis ini adalah ketersediaan pakan, vitamin sebagai makanan pokok bagi unggas, dan permintaan akan telur yang masih sangat tinggi.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa wabah penyakit masih menjadi hal sensitif terhadap bisnis peternakan ayam. Produksi telur di Peternakan Ayam Petelur Mulyadi mencapai 3.000-4.000 butir/hari tergantung banyaknya jumlah ayam yang masih produksi.

Distribusi telur ke pasaran seperti toko-toko, kios, supermarket, distributor, dilakukan langsung pada hari yang sama saat pengambilan/panen telur sehingga lebih efisien dalam penyimpanan hasil produksi.

Jimmy menyampaikan harapannya bisnis peternakan ayam petelur terus tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Khususnya pelaku usaha di daerah sekitar.

Dalam kegiatan ini turut hadir Gilang Wiguna, Deputy Local President JCI, Eko Fikriando, Vice President JCI yang mengkoordinir bidang Business & Entrepreuneurship serta anggota JCI West Sumatera.

Ke depan, program-program pengembangan potensi pemuda akan terus dilakukan oleh JCI West Sumatera dalam rangka memberikan kontribusi dan positive impact terhadap lingkungan dan masyarakat.

JCI West Sumatera terus mendorong pemuda untuk bisa berkarya menyumbangkan ide-ide, kreativitas dan inovasi dalam berbagai bidang. (rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tertibkan Parkir Liar Menjelang Ramadan, FLLAJ Pessel Gelar Rapat Koordinasi

TPB Fateta Unand-PT Mitra Kerinci Gelar Seminar Ilmiah Sehat Bersama Teh Hijau