in

Jubir Sebut Anies-Cak Imin Siap jadi Paslon Pertama Daftar ke KPU

Konferensi pers setelah Presiden PKS Ahmad Syaikhu membacakan hasil Musyawarah Majelis Syuro PKS di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023)

PADEK.JAWAPOS.COM-Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, menyatakan pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar sudah siap mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pasangan capres-cawapres.

Oleh karena itu, bisa saja Anies-Muhaimin menjadi pasangan calon yang pertama mendaftarkan diri pada Oktober nanti.

“Saat ini kalau boleh dikatakan bahwa dengan tiga partai dan pasangan yang sudah utuh maka, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar adalah pasangan yang sudah siap mendaftar ke KPU,” ucap Sudirman kepada wartawan, Sabtu (16/9).

Mantan Menteri ESDM itu menyampaikan, koalisi pengusung Anies-Muhaimin kini sedang menyiapkan persyaratan registrasi. Sehingga proses pendaftaran bisa segera dilakukan.

“Seperti yang dikatakan Pak Surya Paloh, kita akan menjadi pasangan yang pertama kali mendaftar. Insya Allah mudah-mudahan sampai pada titik yang tunggu tadi,” jelas Sudirman.

Sebelumnya, pekik “Amin” berulang-ulang terdengar dari Hotel Majapahit, Surabaya, pada 2 September 2023. Amin adalah singkatan dari nama Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden yang dideklarasikan.

Dengan demikian, Amin menjadi pasangan calon pertama yang mendeklarasikan diri maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Alasan Nasdem memilih Muhaimin sebagai cawapres terungkap saat Surya Paloh menyampaikan pidato politik.

Menurutnya, dia memiliki insting politik bahwa Muhaimin memiliki kelebihan sebagai cawapres. Itu berdasar berbagai pengalaman dan referensi perjalanan perpolitikannya.

“Saya melihat serta memikirkan apa yang paling tepat pada situasi dan tantangan saat ini ataupun ke depan,” ujar Surya disambut tepuk tangan para pendukung.

Bahkan, dia mengibaratkan Amin sebagai botol dan tutup botol. Artinya, saling membutuhkan dan dapat mengisi satu sama lain.

Baginya, Anies merupakan sosok cendekiawan yang dapat menghadapi tantangan negara. Sedangkan Muhaimin dinilai sebagai organisatoris ulung yang lama berkiprah di dunia pergerakan.

“Keduanya punya kelebihan masing-masing, saya sudah mengenal mereka cukup lama,” terang Surya.(jpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

PKM UNP Dorong Ekonomi Alternatif dan Mitigasi Bencana di Limapuluh Kota

Demokrat Dukung Prabowo jadi Capres, AHY Titipkan Agenda Perubahan dan Perbaikan