in

Macron: DK PBB Sudah Kehabisan Opsi Solusi

PARIS – Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dalam pernyataan yang dipublikasikan pada Senin (16/11) mengatakan bahwa Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) saat ini sudah tak lagi bisa memberikan solusi yang tepat bagi mengatasi masalah-masalah global. Oleh karena itu Macron menyerukan agar ada perbaikan dalam mekanisme kerja sama internasional.

“Kerangka kerja sama multilateral saat ini lemah karena dihambat,” ucap Macron dalam sebuah sesi wawancara dengan laman web Le Grand Continent. “Saya amati bahwa DK PBB sudah tidak lagi menghasilkan solusi yang berguna saat ini,” imbuh Presiden Prancis itu.

Dalam keterangannya, Macron mencontohkan bahwa DK PBB yang anggota tetapnya adalah Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Inggris, Prancis, dan Russia, hanya sekali saja berkomunikasi lewat konferensi video untuk membahas pandemi Covid-19 global pada April dan tak ada kelanjutannya padahal pandemi belum usai bahkan kini semakin parah.

Terkait hal itu, Macron mengatakan bahwa setiap negara memiliki tanggung jawab bersama saat sejumlah institusi tersandera dalam krisis multilateralisme seperti yang dialami World Health Organization (WHO) saat menghadapi AS dan Tiongkok dalam krisis Covid-19.

Oleh karena itu Macron menyarankan bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat bagi membentuk multilateralisme yang baru yang bisa memperjuangkan nilai-nilai sendiri dan bisa menghindari keberpihakan atau ketergantungan pada AS atau Tiongkok. AFP/I-1

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketua MPR Ingatkan Intoleransi Ancaman Kemajemukan Bangsa

Nasrul Abit Pastikan Jatah Pupuk Sumbar tidak Lari ke Luar Daerah