in

Mahasiswi KKN UIN IB Masuk Jurang

Kabar duka datang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang (IB). Salah seorang mahasiswinya yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) tahun 2017 di Jorong Rumbai, Nagari Padanglaweh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanahdatar bersama seorang rekannya, tewas setelah sepeda motor yang dia kendarai masuk jurang di kawasan Guguak Surau Aie, Jorong Kotobaru Tambak, Kabupaten Solok. 

Korban tewas diketahui bernama Silvia Wulandari, mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling asal Kabupaten Sijunjung. Sedangkan rekannya bernama Uci Purnama Sari, 21, warga Jorong Rumbai, Nagari Padanglaweh, Batipuh Selatan, Tanahdatar. Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan tunggal ini. Dugaan sementara akibat kondisi jalan licin.

Informasi yang berhasil dihimpun Padang Ekspres, Rabu sore (9/8), kedua korban baru saja bertolak kembali ke Padanglaweh setelah menikmati keindahan Panorama Puncak Gagoan di Nagari Paninggahan, Junjungsirih bersama beberapa rekan yang lain. Diduga akibat jalan licin, sepeda motor Yamaha Mio BA 2804 ND yang digunakan kedua korban jatuh ke jurang sekitar pukul 17.30.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, kedua korban mengalami kecelakaan ketika sudah berada di bawah Puncak Gagoan atau di luar area wisata itu. Diduga lokasi cukup berat plus banyak turunan dan tikungan tajam, membuat korban kesulitan mengendalikan sepeda motornya. Melihat kejadian itu, masyarakat beramai-ramai mengevakuasi korban. Namun karena luka parah pada bagian kepala, kedua korban tidak tertolong.  

Ketua Badan Pelaksana KKN UIN Imam Bonjol Padang, Danil Mahmud Chaniago kepada Padang Ekspres, tadi malam (10/10) menuturkan, korban bersama 11 teman lainnya terdiri dari 4 orang mahasiswa UIN Imam Bonjol dan 7 orang warga sekitar datang ke lokasi, karena waktu itu memang tidak ada kegiatan.

“Kebetulan hari itu waktu kosong, sehingga kami mengizinkan mereka pergi keluar area KKN. Lagi pula kata mahasiswa kami itu, ada acara penting yang mesti mereka ikuti di Kabupaten Solok itu,” ujar Danil.

 Menurut kabar yang didapatkannya, motor korban terpeleset disebabkan kondisi jalan licin akibat lokasi kejadian sempat diguyur hujan lebat. Selain itu, juga akibat pandangan terhalang karena lokasinya di perbukitan. “Sesampai di tempat kejadian, mereka lepas kendali sehingga masuk jurang. Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa mahasiswi dan juga temannya tersebut. Keduanya sudah dikebumikan di kampungnya masing-masing,” jelasnya. 

Di sisi lain, Kasatlantas Kota Solok, Bayful Yendri kepada Padang Ekspres, kemarin (10/8) menambahkan, kedua korban mengalami luka parah di kepala dan meninggal dunia di TKP. “Kami masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan ini,” terang dia. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Bebaskan Mahasiswa, KBRI Kirim Lawyer

Bahas Kerja Sama Infrastruktur Dan Ekonomi Digital Dengan Deputi PM Singapura