in

Majelis Zikir Ratib Samman Ziarahi Makam Kesultanan

Palembang, BP

BP/DUDY OSKANDAR
ZIARAH-Jemaah Majelis Thariqat Zikir Ratib Samman melakukan ziarah, Minggu (7/5).

Majelis Thariqat Zikir Ratib Samman di Masjid Agung Palembang yang dipimpin Kemas H Andi Syariffuddin melakukan ziarah ke makam Kesultanan Palembang dan Auliya Palembang. Acara ini diikuti puluhan jamaah dengan berkumpul di depan Rumah Makan Palapa, Kelurahan 19 Ilir, belakang Masjid Agung Palembang sekitar pukul 07.00

Ziarah pertama dilakukan di Gedeng Suro (1 Ilir), Sabokingking (2 Ilir), Sultan Agung (1 Ilir), Kawah Tengkurep (3 Ilir) Candi Walang (24 Ilir), Kebon Gede (32 Ilir), Talang Kerangga, Ki Merogan dan Ki Pedatuan ( 12 Ulu) dan lain-lain. Sebelum melakukan zikir dan doa bersama, Kemas H Andi Syariffuddin menjelaskan sejarah makam yang diziarahi ini agar peserta acara mengerti sejarah makam tersebut.

Menurut Pembina Majelis Thariqat Zikir Ratib Samman Kemas H Andi Syariffuddin, kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang sudah lama dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan, dengan melakukan ziarah ke makam Kesultanan Palembang Darussalam dan ulama penyebar ratib samman di Palembang.

“Salah satunya juga Sultan-sultan Palembang mengamalkan zikir ratib samman sehingga kita membuat zikir ini menjadi satu tradisi turun temurun dari zaman Kesultanan hingga sekarang,” kata Andi ditemui usai berziarah ke Candi Walang.

Zikir ratib samman sendiri dilakukan di Masjid Agung Palembang dilakukan setiap Kamis malam, setelah salat Isya.

”Menjelang ramadhan ini satu bulan kita libur karena kita menghadapi puasa ramadhan nanti kita teruskan lagi setelah lebaran,” tutupnya.

#osk

What do you think?

Written by virgo

Pasok Narkoba ke Pelajar

Pengadilan untuk HTI