in

Masuk ke Permukiman, Petugas Damkar Tangkap Ular King Kobra di Jorong Sa­ruaso Timur (Tombang), Nagari Saruaso, Keca­ma­tan Tanjung Emas

TANAHDATAR, METRO–Masuk ke permukiman warga, ular berbisa jenis king kobra berukuran besar yang panjangnya lebih dari tiga meter berhasil ditangkap petugas Damkar Tanah Datar di Jorong Sa­ruaso Timur (Tombang), Nagari Saruaso, Keca­ma­tan Tanjung Emas, Senin (3/8) sekira pukul 09.00 WIB.

Penangkapan ular ber­bahaya itu sempat mem­buat heboh masyarakat. Bahkan, petugas Satpol PP dan Damkar dibuat kewa­lahan dengan kekuatan ular tersebut. Namun, sete­lah ular berbisa itu dibuat lelah, petugas pun akhir­nya behrasil menang­kap­nya dan akan diserahkan kepada Balai Konservasi Sum­ber Daya Alam (BKSDA) Sumbar.

Plt Kabid Damkar Nu­syi­rwan didampingi Kasi Ke­se­lamatan Kebakaran Di­nas Satpol PP Damkar Fauzi Arifin mengatakan, ular tersebut termasuk spesies ular kobra yang bisa ber­uku­ran besar dan panjang. Se­te­lah menda­pat laporan ada­nya kebe­ra­daan ular berbisa itu, pihaknya lang­sung datang ke lokasi.

“Ular tersebut ditemu­kan petugas di belakang rumah warga. Ular terse­but terlihat habis mema­kan mangsa berupa seekor biawak. Ular sempat ber­gerak menuju kandang itik warga. Kebetulan lokasi juga bersemak belukar. Namun, kita dapat me­nang­kapnya. Kondisi lokasi penangkapan sempit, ular diarahkan ke lokasi yang agak lapang sebelum di­tang­kap,” kata Fauzi.

Dijelaskan Fauzi, per­tugas memakai sejumlah cara agar ular tersebut lelah, sampai akhirnya da­pat de­ngan mudah di­tang­­kap. Ter­kait video yang beredar saat proses pe­nang­kapan king kobra, Fauzi menegaskan bahwa hal itu bu­kan atraksi, me­lain­kan upa­ya untuk me­nang­kap ular.

“Jadi kami tegaskan, dalam video yang beredar, petugas bukan melalukan atraksi atau pamer. Melain­kan melakukan upaya ba­gai­­mana membuat ular itu letih terlebih dahulu. Ka­rena itu ular berbisa yang agresif, jadi tidak bisa lang­sung berhadapan karena berbahaya. Kami meng­imbau, jika menemukan ular serupa atau ular ber­ba­haya lainnya, segera meng­hubungi petugas Sat­pol PP Damkar Tanah Da­tar,­” pungkasnya. (ant)

What do you think?

Written by virgo

Presiden Jokowi Tinjau Langsung Program Vaksinasi bagi Pelajar di Kabupaten Cirebon

Seorang warga tewas tertembak orang tes senapan angin