in

MENGURANGI TRANS EPIDERMAL WATER LOSS DENGAN FACE OIL

Mengurangi Trans Epidermal Water Loss (TEWL) dengan Face Oil

trans epidermal water loss
source: skinetrate.com

 

Kamu pernah dengar tentang trans epidermal water loss enggak? Trans epidermal water loss (TEWL) adalah kondisi dimana terjadi penguapan kadar air melalui pori-pori kulit dengan cepat sehingga kulit menjadi dehidrasi.Trans epidermal water loss sendiri memang sudah pasti terjadi pada kulit. Enggak ada yang bisa mencegah terjadinya TEWL ini. Yang bisa kita lakukan cuma memperlambat terjadinya TEWL.
Untuk mengurangi trans epidermal water loss, kita perlu menjaga skin barrier dan menjaga kelembapan kulit kita salah satunya dengan menggunakan face oil.
Face oil adalah salah satu skincare yang berfungsi sebagai emolien oklusif untuk mengunci kelembapan, menghidrasi, dan memperkuat lapisan kulit. Cara kerja face oil seperti perisai yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sinar blue light, dan berbagai kotoran yang bisa memicu permasalahan kulit hingga lapisan kulit terdalam. Saat lapisan kulit terlindungi, kandungan aktif dalam face oil akan bekerja secara maksimal untuk menutrisi kulit supaya lebih sehat.
Biasanya aku menggunakan face oil di tahapan akhir sebagai penutup rangkaian skincare routine aku pada malam hari dan sebelum pemakaian sunscreen pada siang hari. Caranya, adalah dengan meneteskan sekitar 3 tetes face oil di wajah aku , lalu aku blend sambil dipijat halus. Face oil akan mengunci kelembapan, dengan begitu dapat memperlambat TEWL. Selain itu, face oil juga mengunci seluruh rangkaian skincare lain agar bekerja lebih efektif.

Alternatif Cara Pakai dan Manfaat Lain Face Oil

Selain yang aku sebut di atas, ada lagi alternatif cara pakai dan manfaat face oil yang lain, diantaranya:
1. Dapat dicampurkan dalam moisturizer atau toner dan body lotion untuk menambah nutrisi dan  kelembapan
2. Dapat berfungsi sebagai primer makeup untuk membuat makeup lebih menyatu di kulit dan memberikan efek glowing

Rekomendasi Face Oil

rintik face oil

 

Akhir-akhir ini ada dua face oil yang aku pakai, yaitu Rintik RB Nourish Face Oil dan Rintik Jola Silky Face Oil. Kenapa sampai pakai dua face oil? Ofcourse karena fungsi dari keduanya berbeda. Hehe.
Rintik RB Nourish Face Oil
 

rintik rb nourish face oil

Rintik BB Nourish Face Oil berfungsi untuk membuat kulit wajah tampak lebih lembap, sehat, dan cerah. Selain itu juga dapat membantu menyamarkan garis halus pada kulit wajah dengan pemakaian rutin. Kandungan dari RB Nourish Face Oil ini adalah Rosa Moschata Seed Oil, Tocopheryl acetate, cananga oodrata flower oil, Glycine Soja Oil, Bakuchiol, Daucus Carota Sativa Root Extract, Beta Carotene.

face oil

Packaging Rintik RB Nourish Face Oil ini berupa botol doff bening ukuran 10 ml dengan pipet yang memudahkan kita menggunakan produknya. Teksturnya berupa oil berwarna kuning tua yang ringan sehingga enggak berat saat dipakai di wajah dengan aroma tumbuh-tumbuhan.
Rintik Jola Silky Face Oil

rintik face oil

 

Rintik Jola Silky Face oil berfungsi untuk membuat kulit wajah menjadi lebih lembut, tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Juga dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak berlebih pada wajah dengan pemakaian teratur. Kandungan dari Rintik Jola Silky Face Oil ini adalah Simmondsia Chinensis Seed Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Tocopheryl Acetate.
Packaging Rintik Jola Silky Face Oil ini juga sama dengan Nourish Face Oil, yaitu berupa botol bening doff ukuran 10 ml dengan pipet yang memudahkan kita untuk menggunakan produknya. Teksturnya berupa oil yang ringan juga berwarna kuning agak muda dan enggak berat digunakan di wajah. Aromanya juga aroma tumbuh-tumbuhan.
Yang aku suka dari kedua face oil dari Rintik ini adalah keduanya ringan banget saat dipakai, enggak ada rasa berat atau greasy sama sekali. Selain itu kedua face oil ini juga memiliki simple ingredients, dan tidak mengandung synthetic fragrance. Keduanya bisa digunakan pagi dan malam hari. Benar-benar bikin kulit aku kerasa lembap dan kenyal. Selain itu kalau dipakai saat malam hari, face oil ini membuat kulit aku lembap sampai besok pagi.
Face oil ini mengunci kelembapan kulit aku dengan begitu kulit aku bisa memperlambat terjadinya trans epidermal water loss. Kulit jadi lebih sehat dan kekenyalannya terjaga. Dengan begitu, kulit juga akan mencegah penuaan dini.
Jadi, kamu udah pakai face oil atau baru mau cobain face oil dari Rintik nih? Racunin aku face oil favorite kamu juga yah, atau, kalau mau cobain Rintik Face Oil juga, kamu mau pilih yang Jola Silky Face Oil atau RB Nourish Face Oil nih? Lock and protect your skincare routine.

What do you think?

Written by Julliana Elora

OJK: Akhir Tahun Sektor Jasa Keuangan Stabil dengan Kinerja Membaik  

Polda Metro kantongi nama-nama artis yang terlibat prostitusi