in

Monaco Pagari Pemain Kunci

Nama AS Monaco kembali harum. Kesuksesan kampiun Ligue 1 musim 2016-2017 setelah paceklik dua windu serta menembus semifinal Liga Champions musim 2016-2017 mengerek kembali nama besar Monaco. 

Gara-gara kebangkitan prestasi itulah maka menuju musim 2017-2018 ini skuat Monaco diminati oleh berbagai klub. Sejauh ini Manchester City menjadi kolektor terbanyak eks pemain Monaco musim lalu. Bernardo Silva dan Benjamin Mendy bergabung dengan pelatih Josep Guardiola di Etihad Stadium. 

Belum puas dengan Silva juga Mendy, seperti diberitakan Daily Mail kemarin (26/7) City ikut memburu penyerang muda paling diidamkan klub seantero Eropa, Kylian Mbappe. City kabarnya menaruh minat dengan menawarkan harga GBP 160 juta (Rp 2,78 triliun) kepada Monaco. 

Masuknya City dalam perburuan Mbappe ini seolah manuver penggangu bagi Real Madrid yang lebih dahulu meminati pemain berjuluk Casse Bonbon tersebut. Real mengajukan tawaran fantastis dengan harga EUR 180 juta (Rp 2,8 triliun). 

”Dia (Mbappe,red.) masih berada di timnya saat ini dan semuanya masih mungkin terjadi di bursa transfer hingga akhir batas waktu mendatang. Kami sendiri belum puas dan masih mencari pemain tambahan,” kata Guardiola seperti diberitakan Daily Mail. 
Eks pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu menuturkan dalam skuatnya memang sudah ada Sergio Aguero dan Gabriel Jesus. Akan tetapi adanya Mbappe pasti semakin menajamkan lini gedor The Citizens, julukan City. 

Wakil Presiden AS Monaco Vadim Vasilyev sendiri mencoba tenang dengan santernya kabar tentang Mbappe itu. Seperti diberitakan Eurosport kemarin Vasilyev mengatakan tak ada satupunn kesepakatan antara Monaco dengan tim lain soal Mbappe ini. 

”Kami mendapat penawaran yang sangat tinggi untuk melepaskan Mbappe. Saat ini dialah pemain paling berprospek cerah di dunia,” kata Vasilyev. 

Pria 51 tahun tersebut berkata saat ini malah Monaco sedang berjuang membujuk Mbappe untuk bertahan. Pemain 18 tahun tersebut akan berakhir kontraknya musim panas 2019 mendatang. 

”Kami sangat berharap seandainya Kylian (Mbappe) akan tetap bersama tim ini. Dan sekali lagi saya garansi, dia belum mencapai kesepakatan dengan tim manapun,” tutur Vasilyev.  

Dengan demikian, klaim Real Madrid sudah mendapatkan Mbappe sehari sebelumnya hanya hisapan jempol. Hingga Selasa malam WIB (25/7), Marca yang di Spanyol dikenal sebagai media corong Real terus mengulas Mbappe. 

Penyerang 18 tahun itu diklaim sebagai galactico (pemain bintang) baru Los Merengues setelah Real dan AS Monaco menyepakati nominal transfer EUR 180 juta (Rp 2,8 triliun). Meliputi EUR 160 juta (Rp 2,48 triliun) untuk fee dan EUR 20 juta (Rp 311,1 miliar) sebagai biaya lain-lain. (Selengkapnya baca halaman 22, red)

Selain itu, Vasilyev juga memagari beberapa pemainnya yang dikabarkan santer diincar klub lain. Misalnya Thomas Lemar yang terus diusik keberadaannya buat pindah ke Emirates Stadium, kandang Arsenal. 

”Saya juga mendapatkan kabar spekulasi tentang Lemar. Sama seperti Kylian (Mbappe) maka Thomas (Lemar) akan tetap bersama kami,” tutur lulusan ekonomi Moscow State University tersebut kepada Sky Sports.

Vasilyev menilai penjualan Benjamin Mendy ke Manchester City adalah yang terakhir dari skuatnya musim ini. Vasilyev menegaskan pemain kunci akan tetap dipertahankan untuk musim depan. 

Di sisi lain, entraineur Monaco Leonardo Jardim kepada Goal mengatakan pemain datang dan pergi adalah wajar. Namun ambisi tim buat mempertahankan mahkota domestik tetap ada. 

”Tak ada yang berubah dengan proyek tim kami untuk masa depan. Kami tetap mengumpulkan pemain muda untuk berlatih bersama kami pada musim mendatang,” tutur Jardim awal bulan ini. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Asiknya Mampir ke Festival Pulau Penyengat Wisman dan Wisnus

Depresi, Gadis Muda Gantung Diri