in

Padang-Pessel Ramai Lancar, Pengunjung mulai Serbu Kawasan Wisata Mandeh

Pengunjung Pantai Paku Sei Nyalo menikmati wahana permainan banana boat.

Libur lebaran dimulai. Salah satu destinasi wisata yang mulai ramai dikunjungi adalah kawasan wisata Mandeh, Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Pantauan Padang Ekspres dari Padang menuju Mandeh lewat Bungus Teluk Kabung, lalulintas ramai lancar. Tidak terlihat macet seperti tahun-tahun sebelumnya. Mobil berplat luar Sumbar banyak yang lalu-lalang.

Pantai-pantai di sepanjang pesisir jalan baru Mandeh, terlihat ramai dikunjungi wisatawan. Umumnya pengunjung datang bersama keluarga. Mereka memenuhi pondok-pondok yang disediakan pengelola kawasan pantai. Pengelola juga menyediakan lahan parkir yang cukup serta menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Seperti terlihat di Pantai Paku, Sungai Nyalo yang dikelola Badan Usaha Milik Nagari. Wali Nagari Sei Nyalo Ressi Amra Reyes dan Direktur Bumnag Satri menyebutkan kunjungan ke Pantai Paku mulai ramai sejak Sabtu (22/4/2023).

“Pengunjung tak hanya dimanjakan kawasan pantai yang bersih untuk berenang keluarga, namun juga sejumlah wahana permainan seperti banana boat, bermain kano serta kapal untuk berlayar ke pulau-pulau di kawasan Mandeh yang bagus-bagus. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saja telah berkunjung ke kawasan ini,” kata Satri.

Untuk menginap, pengunjung Pantai Paku bisa menyewa tenda-tenda camping yang didirikan tidak jauh dari kawasan pesisir pantai.

Dari arah Padang, Pantai Paku berada tidak jauh setelah Baga Beach. Kawasan wisata yang memiliki pantai dan cottage-cottage untuk menginap bersama keluarga. Pengunjung rata-rata dari luar Sumbar.

“Untuk lebaran ini sudah penuh. Banyak yang booking sejak sebelum lebaran. Jadi, pengunjung bisa berwisata ke Pantai Paku atau pantai-pantai lainnya di Mandeh dengan layanan yang baik semuanya,” kata Satri didampingi timnya Diki.

Namun, sejumlah pengunjung mengeluhkan hilang-timbulnya sinyal data seluler. “Sinyal telepon tinggi, tapi datanya lelet dan sering hilang. Jadi sulit untuk posting-posting foto dan video di pantai,” ungkap Sari, seorang pengunjung dari Padang.

Pegiat Wisata Mandeh Elfi Mahyuni juga menyampaikan bahwa pengunjung ke Pulau Setan, kawasan Mandeh sudah mulai ramai. “Pengunjung yang ke pulau bisa naik boat dari Pelabuhan Koto XI Tarusan atau pantai-pantai yang juga menyediakan layanan boat, seperti Pantai Paku itu,” kata Elfi. (esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Silaturahmi Lebaran Prabowo-Jokowi, Andre Rosiade: Senyum Tulus dan Bahagia

Ditemukan! Bangkai Kapal Perang Dunia II yang Membawa 1.060 Tawanan Perang