in

Panen Raya Budidaya Asparagus Hasil Zakat Produktif Sinergi Laznas BMM

Budidaya Asparagus berbasis pertanian pintar yang merupakan wujud pengelolaan zakat produktif program pemberdayaan ekonomi hasil sinergi Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM), Bank Muamalat, dan BIOPS Agrotekno di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, melaksanakan panen raya perdana sejak Kamis (22/9) dan berlangsung hingga medio Oktober 2022.

Kegiatan panen raya yang juga sekaligus sebagai bentuk visitasi monitoring perkembangan proses budidaya asparagus tersebut dihadiri oleh Rina Kanthi selaku Perwakilan Bank Muamalat, Dally C Shafar selaku CEO BIOPS Agrotekno, Lina selaku Kepala BMM Kantor Perwakilan Jawa Barat dan Indah Kusumawati selaku Manager Pendayagunaan Laznas BMM beserta jajaran staff dan pengurus dari ketiga lembaga tersebut.

Total asparagus yang dihasilkan dalam satu kali panen berkisar antara 4-5 kg dengan frekuensi panen sebanyak tiga kali dalam sepekan dan dipasarkan sebagai pasokan untuk pelaku bisnis olahan asparagus maupun supermarket dan aplikasi grocery seperti Sayurbox salah satunya.

Tak hanya melakukan panen asparagus, Kamis (22/9) tersebut juga dilakukan panen selada romaine yang merupakan bagian program zakat produktif Laznas BMM di Desa Kayu Ambon dengan total panen mencapai 25 kg.

Nanang Basuki selaku PJS Direktur Eksekutif mengucapkan terima kasih kepada Bank Muamalat yang menjadikan program budidaya asparagus sebagai program Corporate Social Responsibility.

“Dana zakat yang dihimpun BMM dialokasikan untuk pembelian bibit asparagus, pupuk dan sewa lahan sehingga profit yang diperoleh dari penjualan hasil panen dikelola kembali agar dapat menunjang kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Cibodas. Semoga kerjasama ini terus berjalan lancar dan mendapat keberkahan sepanjang prosesnya, aamiin,” ujar Nanang.

Harapan senada juga disampaikan Rina Kanthi. Pogram pendayagunaan zakat produktif yang disalurkan BMM untuk pemberdayaan petani dalam program pertanian pintar, mudah-mudahan dapat meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi warga Kayu Ambon. Semoga BMM bisa lebih mengembangkan produk-produk lainnya yang lebih menarik.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade: Ada yang Iri Flyover Sitinjau Lauik Dibangun

Slank Konser Meriahkan Hari Jadi Sumbar, Tiket Tersedia di GOR Agus Salim