in

Panglima TNI: Rapim 2017 Punya Nilai Strategis

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut rapat pimpinan (rapim) TNI tahun 2017 memiliki nilai strategis. Hal tersebut dikemukakan Gatot dengan merujuk perkataan Presiden Joko Widodo. 

“Presiden mengatakan di mana-mana sekarang terjadi kompetisi global, yang diperebutkan energi, pangan dan air. Kemudian semua program-program yang dilakukan bapak presiden memanfaatkan konstelasi geografi kita yaitu ada laut dan daratan,” ujarnya di Mabes TNI, Cilangkap, (16/1), dilansir dari CNN Indonesia.

Gatot menyebutkan bahwa Jokowi mewancanakan Indonesia sebagai negara maritim dan negara agraris. Sebagai negara maritim, Indonesia memanfaatkan kondisi geografis perairan Indonesia, mulai dari permukaan laut, dalam laut, dasar laut, dan pantainya. “Beliau (Jokowi) mengatakan kita negara agraris, kita harus swasembada pangan,” kata Gatot. 

Dua hal tersebut, kata Gatot, harus didukung, walaupun pelaksanaannya tidak mudah. “Program ini karena program bagus bagi Indonesia ditakutkan oleh negara lain, kalau Indonesia maju takut juga kan,” ucapnya. Untuk itu, Gatot mengajak agar TNI dan Polri bisa solid untuk membantu program pemerintah tersebut. “Ini yang harus sama-sama didukung oleh TNI dan Polri untuk membantu program pemerintah ini yang semuanya berpulang kepada rakyat,” tuturnya.

Rapim TNI tahun 2017 ini mengambil tema “TNI Kuat, Hebat, Profesional, dan Dicintai Rakyat Siap Melaksanakan Tugas Pokok”. Selain itu, juga digelar Pameran Alat Peralatan (Alpahan) dan Pameran Sentra Pelayanan Terpadu (SP3T). Pameran tersebut diikuti sejumlah elite TNI dan beberapa perusahaan, antara lain PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL, dan PT LEN.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Donnarumma Selamatkan Milan dari Kekalahan

Larang Pungutan, Terima Sumbangan