in

Pedagang Dukung Revitalisasi Pasar Raya Fase VII

KOMPAK: Wako Hendri Septa bersama pedagang Pasar Raya Padang Fase VII, Selasa (22/11). (IST)

Revitalisasi Pasar Raya Padang Fase VII sudah mulai berangsur dilakukan. Seperti diketahui, pusat perbelanjaan yang sempat rusak akibat gempa 2009 itu, bakal dibangun ulang menjadi lebih representatif berkat bantuan dana dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR.

Anggarannya diperkirakan mencapai Rp 104 miliar dengan bangunan 3 lantai dan 1 semi basement. Sebagai tahap awal, Pemerintah Kota Padang akan melakukan relokasi bagi seluruh pedagang di kawasan tersebut.

Alhamdulillah, hari ini kita bersama unsur Forkopimda meninjau langsung Pasar Raya Fase VII. Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan tempat relokasi sekaligus mensosialisasikan niatan ini kepada pedagang. Kita bersyukur, para pedagang menyambut baik upaya ini,” ungkap Wali Kota Hendri Septa sewaktu meninjau dan berdialog dengan pedagang Pasar Raya Padang Fase VII, Selasa (22/11).

Dalam kesempatan itu terlihat para pedagang Pasar Raya Fase VII baik pemilik toko dan PKL menyatakan menyambut baik dan menyetujui upaya revitalisasi tempat mereka berdagang tersebut.

Insya Allah, dalam beberapa hari ke depan kita akan buat kesepakatan bersama antara Pemko dengan pedagang. Inti dari kesepakatan itu adalah para pedagang dan PKL yang berjualan di Fase VII ini setuju untuk dipindahkan sementara waktu selama proses pembangunan berlangsung,” terangnya.

Lebih lanjut Wako Padang menyebut, adapun untuk pedagang Fase VII yang direlokasi, pedagang kios sebanyak 288 dan PKL lebih kurang 200 lebih. Semuanya akan dipindahkan sementara berjualan di kawasan Pertokoan IPPI samping Balaikota lama dan juga di Blok II dan Blok III.

”Semua pedagang sudah kita catat nama dan tokonya. Mereka semua kita pastikan akan menempati gedung baru Fase VII nantinya. Kita sudah kunci. Jadi setelah bangunan ini selesai tidak ada lagi pedagang baru yang berjualan di sana,” tegas Wako Hendri Septa.

Ini merupakan penantian panjang dan angin segar khususnya bagi pedagang yang berjualan di Fase VII. Semoga dengan itu wajah Pasar Raya akan berubah di masa datang. Begitu juga pedagang akan menempati bangunan tempat berjualan yang lebih representatif, tertata dan nyaman.

”Mari kita bersama-sama membantu mewujudkan impian ini,” pungkasnya. Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang Sekko Andree Algamar bersama para Asisten dan sejumlah kepala OPD terkait di lingkup Pemko Padang. (eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mengejar Percepatan Pembangunan di Sumbar

Akhirnya, Andre Rosiade Tetap Maju DPR RI 2024 dan Pimpin Pemenangan Prabowo