in

Pelantikan Aptrindo Sumbar Serasa Rapimnas

Pengurus se-Indonesia Hadir di Padang

Luar biasa! Kalimat itu agaknya tidak berlebihan untuk menggambarkan suasana pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Sumbar, di Pangeran Beach Hotel Padang, kemarin (14/9).

Betapa tidak, hampir seluruh daerah di Indonesia yang telah memiliki kepengurusan Aptrindo mengirimkan perwakilannya ke Padang. “Kami datang ke Padang dengan ‘gerbong’ besar. Selain sejumlah DPP, bersama kami juga hadir 13 DPD dan  4 DPC Aptrindo se-Indonesia. Dengan ini, kita bisa katakan, pelantik DPD Aptrindo Sumbar ini serasa Rapimnas (Rapat Pimpinas Nasional),” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Wisnu W Pettalolo saat melantik Pengurus DPD Aptrindo Sumbar, kemarin. 

Adapun DPD se-Indonesia yang hadir adalah DPD Jateng,  Riau,  Lampung,  DKI,  Jatim,  Sulut,  Banten,  Kaltim,  Jabar,  Bengkulu, Aceh,  Kalbar, Jambi. Serta DPC Surabaya,  Dumai,  Rokan Hilir,  dan DPC Sibolga. “Inilah yang membedakan Aptrindo dengan organisasi lain. Di Aptrindo, kekeluargaan, kekompakan dan kebersaman begitu terasa,” ulas Wisnu saat pelantikan.

Dijelaskan, kehadiran Aptrindo adalah tempat berhimpunnya pengusaha truk untuk memperjuangkan nasib, terutama dari kebijakan yang tidak berpihak kepada pengusaha. “Padahal, kami dibutuhkan, tapi nasib kami memeriskan,” ulasnya.

Salah satu kebijakan yang menurut Wisnu tidak berpihak kepada pengusaha truk adalah subsidi bahan bakar minyak (BBM). “Angkutan udara, laut, dan beberapa angkutan umumnya lainnya dapat jatah subsidi BBM, sementara kami tidak menikmatinya,” beber Wisnu yang menyebut kebijakan itu lahir, karena saat menyusun, pemerintah tidak melibatkan mereka. “Belum lagi, bejibun permasalahan yang masih membelit pengusaha truk. Inilah yang akan kami perjuangkan,” lanjutnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan apresiasi kehadiran Aptrindo di Sumbar. Sebab, kehadiran pengusaha truk sangat vital dalam kelancaran angkutan barang. “Keberadaan truk sangat strategis. Apapun jenis angkutan barang, baik laut dan udara tidak terlepas dari menggunakan angkutan truk,” ungkapnya.

Gubernur menyatakan siap membuka diri dan bekerja sama dengan Aptrindo. Hanya saja, ia meminta pengusaha truk untuk menjaga rambu-rambu yang sudah digariskan. “Sepanjang tidak melanggar rambu-rambu, kami (Pemprov) siap bersama Aptrindo,” kata Gubernur.

Dewan Pembina Aptrindo Sumbar, Sengaja Budi Syukur, dan Ketua Aptrindo Sumbar Yurnalis menyambut baik uluran tangan gubernur tersebut. “Insya Allah, kami akan berkerja sesuai koridor yang digariskan,” ungkap keduanya. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Otonomi, Ketimpangan dan Elite Lokal

Empat Jorong Dihantam Galodo