in

Penuntasan RKPD 2024 Prioritas

TARGET KINERJA: Bupati Sijunjung Benny Dwifa menandatangani berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024, Selasa (24/1).(IST)

Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balairung Lansek Manih Komplek Kantor Bupati Sijunjung, dibuka secara lansung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa, Selasa (24/1).

Diikuti 160 peserta yang terdiri dari pimpinan dan Ketua Komisi DPRD  Sijunjung,  unsur forkopimda, lembaga vertikal, sekretaris, asisten, Kepala OPD, BUMN, BUMD,  organisasi/lembaga kemasyarakatan, perguruan tinggi, serta wali nagari dan kepala desa se Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa dalam arahannya memberikan apresiasi pada semua peserta yang hadir, karena menurutnya forum tersebut merupakan wujud dari komitmen pembangunan Kabupaten Sijunjung secara keseluruhan.

Selaras dengan tujuan pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung tahun 2020-2025.

“Dimana akibat pandemi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret tahun 2020 sempat membuat target-target pembangunan yang sudah ditetapkan terancam tidak dapat tercapai. Maka itu, setelah situasi kembali stabil, semua perangkat daerah harus kembali bangkit/bergerak melanjutkan program pembangunan,” ujarnya.

Djelaskannya lebih lanjut,  program-program pembngunan strategis Kabupaten Sijunjung bahkan diupayakan dapat selesai di tahun 2023-2024. “Tentunya ini menjadi beban berat bagi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, guna mewujudkan visi-misi dan Program Unggulan Kabupaten Sijunjung tahun 2021-2026,” tegas Benny.

Benny Dwifa mengharapkan khusus bagi kepala perangkat daerah, agar dapat menuntaskan target kinerja RPJMD sebagaimana yang telah dituangkan pada masing-masing Renstra Perangkat Daerah, melalui skala prioritas dalam penyempurnaan program Kegiatan dan Sub kegiatan tahun 2024.

Tidak teekecuali pula mengoptimalkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kemudian, memprioritaskan penganggaran untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), pemenuhan kebutuhan wajib dan mengikat serta untuk pencapaian Visi Misi dan Program Unggulan yang sudah tertuang pada RPJMD tahun 2021-2026.

Tak kalah pentingnya lagi, Benny mengimbau agar perangkat daerah dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara, Kepala Bapppeda Sijunjung Yuni Elviza menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk merumuskan dan membahas isu-isu aktual daerah saat ini yang nantinya akan melahirkan prioritas pembangunan daerah dan program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Adapun hasil yang diharapkan adalah menyepakati tema prioritas dan proyeksi program pembangunan serta indikator makro pembangunan daerah untuk tahun 2024. (atn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakubuh: Guru Profesional Itu, Harus Pintar Menulis

Siap Wujudkan WBK, Pegawai Lapas Suliki Deklarasi Janji Kinerja Bersama