in

Penyebab Bagasi Anda Tak Kunjung Tiba Ketika Di Bandara

Berpergian dengan pesawat memang mudah dan praktis. Selain tidak memerlukan waktu tempuh yang lama, menggunakan pesawat juga tergolong nyaman dan aman jika dibandingkan menggunakan sarana transportasi lainnya.

Namun di samping kenyamanan yang ditawarkannya, berpergian dengan pesawat juga memberikan beberapa kerepotan yang menanti Anda. Salah satunya adalah menunggu bagasi keluar dari kargo. Bahkan beberapa maskapai dijuluki dengan bagasinya yang membutuhkan waktu satu tahun untuk tiba.

1. Cuaca ekstrem

Jika ketika proses memuat bagasi berlangsung terjadi cuaca yang amat buruk, misalnya saja kilat yang tiba-tiba menyambar, maka secara otomatis seluruh kru dan ground staff akan diminta untuk masuk ke dalam pesawat guna berlindung dari cuaca tersebut. Cuaca lainnya seperti hujan yang diiringi dengan angin deras juga dapat mengganggu proses pemuatan barang ke bagian baggage claim. Selain bertujuan untuk menjaga keamanan barang bawaan, tujuan lainnya semata-mata untuk menjaga keselamatan kru itu sendiri. Hal ini akan berpengaruh pada bertambah lamanya proses memuat bagasi dari bagian kargo.

2. Luas bandara

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam lama atau tidaknya bagasi tiba adalah luasnya bandara tersebut. Luasnya arena bandara akan menciptakan jarak yang jauh antara tempat pesawat mendarat dan tempat baggage claim. Bandara yang berukuran kecil umumnya memiliki jarak yang pendek antara tempat mendarat pesawat dan bagian pemuatan bagasi. Sebaliknya, bandara dengan arena yang luas biasanya memiliki jarak yang lumayan jauh yang harus ditempuh petugas kargo untuk memuat barang bawaan Anda. Jarak ini akan membuat perjalanan yang harus ditempuh petugas bagasi cukup jauh dan pastinya memakan waktu yang lebih lama.

3. Jumlah penumpang

Jumlah penumpang menjadi salah satu penyebab bagasi datang terlambat ketika penerbangan. Pesawat dengan jumlah penumpang yang banyak akan membuat petugas kargo membutuhkan waktu lebih dalam memindahkan setiap barang yang ada. Setiap koper membutuhkan waktu untuk mondar mandir memindahkannya. Dapat dibayangkan apabila terdapat begitu banyak koper dan barang bawaan di kargo tersebut, bukan? Untuk menghindarinya, bookinglah pesawat yang melakukan penerbangannya pada weekdays.

Baca Juga: 4 Aktivitas Seru ini Akan Menghindarimu dari Hidup yang Monoton

4. Sistem bandara

Setiap bandara memiliki sistem yang tergolong rumit dalam mengurus masalah bagasi penumpangnya. Setiap bagasi harus diperiksa secara rinci tanpa ada yang terlewat. Pemeriksaan ini mulai dari bagasi diambil, diletakkan di conveyor belt, dan tidak jarang bahkan digunakan anjing pelacak dalam menyelidiknya. Setelah pemeriksaan oleh anjing pelacak, maka bandara pun terkadang melibatkan petugas custom protection. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya penyelundupan barang ilegal di dalam bagasi para penumpang.

Menunggu bagasi dapat menjadi sangat mengesalkan apabila bagasi tak kunjung datang. Rasa lelah setelah berada di pesawat ditambah dengan kondisi yang terkadang tidak mendukung alih-alih malah akan membuat suasana hati semakin buruk. Tetapi bagaimanapun juga kegiatan menunggu bagasi menjadi agenda wajib para penumpang pesawat.

What do you think?

Written by virgo

Kasus Medis Paling Tak Lazim Di Dunia

Jalur Sesar dan Bagunan Tahan Gempa Harus Jadi Perhatian Pemerintah