in

Puluhan Warga Ditahan di Kota Perbatasan Hong Kong

HONG KONG – Sekitar 60 orang warga Hong Kong ditahan di sebuah pusat belanja di kota perbatasan pada Minggu (5/1). Penahanan itu terjadi setelah terjadi melemparkan bom molotov ke sebuah kantor polisi Hong Kong di Distrik Sheung Shui.

Menurut keterangan dari Partai Demokrat Hong Kong, sebelum terjadi penahanan itu ada sekitar 10 ribu warga melakukan aksi damai di distrik tersebut. Sayangnya kemudian terjadi pertikaian setelah polisi meminta demonstan untuk membubarkan diri.

“Pelemparan bom molotov justru terjadi sekitar 1,5 kilometer dari aksi demo damai,” demikian keterangan Partai Demokrat Hong Kong.

Aksi di kota perbatasan digelar karena para demonstran memprotes terjadinya transaksi yang dilakukan ribuan warga Tiongkok daratan yang melintas perbatasan setiap harinya hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan menjualnya demi keuntungan di Tiongkok daratan.

Aksi beli warga Tiongkok daratan ditentang dengan alasan menyebabkan pasokan barang langka di kota perbatasan dan aksi ini bisa memicu peningkatan harga komoditi dan sewa pertokoan. AFP/ils

What do you think?

Written by Julliana Elora

Fognini/Bolelli Jadi Penentu Kemenangan Pertama Italia

Puluhan Warga Ditahan di Kota Perbatasan Hong Kong