in

Remaja Harus Tahu Bahaya Narkoba

EDUKASI SEJAK DINI:
Petugas dari Badan
Narkotika Nasional
Kota (BNNK) Payakumbuh memberi
pengetahuan tentang
bahaya sejumah
narkotika di SMP 10
Kota Payakumbuh,
Kamis (26/10). Edukasi
sejak dini bertujuan
mencegah peredaran,
penyalahgunaan dan
bahaya yang
ditimbulkan barang
haram tersebut.(SY RIDWAN/PADEK)

Remaja khususnya usia sekolah wajib tahu bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba). Pasalnya, mereka rentan dengan penyalahgunaan narkoba karena ketidaktahuannya.

“Anak-anak ini, apalagi di lingkungan sekolah (SMP dan SMA) mereka calon pemimpin masa depan. Dan mereka wajib tahu atau diberikan edukasi sedini mungkin terkait bahaya atau dampak penyalahgunaan narkoba. Karena ketidakpahaman, sehingga mereka banyak yang terlibat peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” kata Kepala BNN Kota Payakumbuh, Febrian Jufril saat Talk Show BNN KASIKOLA di SMPN 10 Payakumbuh, kemarin.

Ia menyebutkan, akibat ketidaktahuan generasi muda dengan narkoba, mereka ada yang menjadi kurir barang haram itu. “Seperti sejumlah siswa SLTA di Payakumbuh yang ditangkap oleh Satresnarkoba Polres Payakumbuh,” tambahnya.

Rata-rata remaja usia sekolah, tutur Febrian Jufril, belum mengetahui dampak negatif narkoba dari sisi kesehatan maupun hukum. “Untuk itu mereka wajib tahu, tapi bukan untuk dekat dengan narkoba,” tegasnya.

Ketua LKAAM Kota Payakumbuh Yb Dt Permato Alam menyebutkan semua elemen harus punya niat baik untuk tidak memberi ruang untuk narkoba. Ini demi masa depan bangsa dan generasi saat ini.

“Upaya pencegahan tidak bisa hanya dilakukan oleh kepolisian, BNN ataupun pihak sekolah saja. Perlu peran aktif dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan maupun Kesbangpol untuk mengalokasikan anggaran dalam upaya pencegahan,” tutur mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh ini.

Kepala SMPN 10 Tri Kasmiarti mengatakan dalam kegiatan BNN KASIKOLA yang merupakan kerja sama dengan BNN Kota Payakumbuh itu, selain talk show juga ada sosialisasi, game dan stan pameran yang memajang berbagai contoh narkoba.

“Nantinya pelajar menjadi tahu dan menjauhi Narkoba karena berdampak negatif dari sisi hukum dan kesehatan,” tuturnya. (rid)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPT SD Negeri 01 Kotolaweh, Sejarah Merupakan Guru Kehidupan (Historia Magistra Vitae)

Kesenian Situpai Janjang Tampil di AWBI 2023