in

Rumah Ibadah Mulai Berbenah

ANTUSIAS: Sejumlah anak mengikuti kegiatan TPA di Masjid Asra Al Bakrie Kota Padang, Selasa (7/3).(SARAH AULIA SEPTIHANA/PADEK)

Ramadhan tinggal menghitung hari. Sejumlah masjid dan mushala di Kota Padang mulai bersih-bersih di lingkungan tempat ibadah dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.

Pantauan Padang Ekspres kemarin, di beberapa masjid di Kota Padang mulai berbenah. Pengurus Masjid Abrar di kawasan Pasar Raya Padang, Erial menjelaskan, kegiatan bersih-bersih masjid selalu dilakukan seminggu menjelang bulan Ramadhan. Gotong-royong itu dilakukan bersama warga dan pengurus masjid.

Hal tersebut guna memberikan kenyamanan saat umat muslim melaksanakan Shalat Tarawih di masjid tersebut. “Sama seperti tahun lalu, biasanya goro kita juga dibantu oleh pihak bank. Pihak bank menurunkan beberapa anggotanya untuk membantu membersihkan halaman depan dan sekitar,” paparnya.

Ia menambahkan, di Masjid Abrar sendiri sudah terpasang spanduk masjid, yang bertuliskan daftar nama donatur masjid untuk bulan suci Ramadhan. “Karena setiap masjid itu biaya untuk keperluan selama bulan Ramadhan pasti berbeda-beda. Ini tergantung keperluan masjid tiap hari,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, ada beberapa kegiatan untuk bulan puasa nanti, di antaranya pesantren Ramadhan, kajian Subuh, tadarusan setelah Tarawih dan ceramah. Hal yang sama juga terlihat di Masjid Asra Al Bakrie Olo, Kota Padang.

Pengurus masjid, Iswan, 60, mengatakan, dalam menyambut bulan suci Ramadhan sudah banyak persiapan yang dilakukan. “Seperti melakukan bersih-bersih tiga hari sebelum puasa yang dilakukan pengurus masjid dan membuat agenda-agenda Ramadhan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan Ramadhan nanti hampir sama dengan masjid dan mushala lain di Kota Padang, yakni melaksanakan pesantren Ramadhan untuk siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA, kajian-kajian Subuh, dan tadarusan setelah Shalat Tarawih.

“Karena kebiasaan masyarakat di sini sebelum memasuki bulan Ramadhan melakukan wirid bersama atau mendoa bersama warga setempat dan juga anak-anak TPA,” ungkapnya.

Terkait jadwal pesantren Ramadhan pihaknya belum mendapatkan informasi lanjutan. “Biasanya jadwal full-nya akan diberitahu seminggu sebelum Ramadhan,” tutupnya. (cr11)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jadwal dan Harga Tiket Bus ALS yang Mengaspal Sejak Tahun 90-an di Sumbar

FKUB Diharapkan Ciptakan Suasana Kondusif