in

Sebut Indonesia Curang, Trump Bisa Digugat ke WTO

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump lagi-lagi berencana menerbitkan perintah eksekutif untuk mengurangi defisit perdagangan. Secara gegabah, Trump menyebut negara penyebab defisit perdagangan AS bertindak ‘curang’. Nama Indonesia ternyata masuk dalam 16 negara yang disebut Trump ‘curang’, hingga menyebabkan defisit besar bagi AS. Selain Indonesia, masih ada China, Kanada, Prancis, Jerman, India, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Korea Selatan, Swiss, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Saat ini, angka perdagangan Amerika Serikat (AS) mencapai minus US$50 miliar atau setara dengan Rp666,8 triliun, dan menyebutnya sebagai peringatan terhadap mitra dagang seperti China. Anggota Eksekutif International Chamber of Commerce (ICC) Mari Elka Pangestu menyebut cap ‘curang’ yang disematkan Trump kepada Indonesia akibat besarnya defisit perdagangan AS dengan Indonesia. Namun ia menilai pernyataan tersebut merupakan bentuk retorika semata dan tidak perlu ditakutkan.

Mantan Menteri Perdagangan era Kabinet Indonesia Bersatu itu mengatakan, Indonesia bisa saja menyeret AS ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) untuk membuktikan kecurangan yang dituduhkan oleh Trump kepada Indonesia. Nantinya dalam proses pembuktian di WTO, AS diperkenankan melakukan trade remedy atau investigasi terhadap negara-negara yang selama ini dianggap curang dengan cara menjual barang dengan harga yang lebih murah di negara tujuan (dumping). 

“Kalau kita merasa AS semena-mena mengenakan dumping tarif, kita bisa bawa ke WTO. Dan itu lah pentingnya WTO dalam menjaga sistem perdagangan,” ujar Mari di sela acara ICC Banking Commission, Rabu (5/4), dilansir dari CNN Indonesia. Namun ia khawatir, Trump justru akan mengabaikan keberadaan peraturan WTO dalam menjalankan kebijakan eksekutifnya. 

Trump yang selama ini kerap membuat kebijakan eksekutif yang kontroversial, dikhawatirkan akan mengeluarkan kebijakan tarif yang membuat rugi para mitra dagangnya. “Banyak orang yang merasa apakah benar AS bisa melakukan hal itu. Namun demikian tetap terjadi ketidakpastian dalam iklim perdagangan yang telah dan akan mengganggu arus perdagangan saat ini,” ungkapnya. Untuk berjaga-jaga, ke depannya Indonesia disarankan berfokus mencari pasar baru dan berekspansi di regional Asia. 

Phillip Kucharski Chief Operating Officer ICC mengatakan, proteksionisme yang dilakukan oleh Trump merupakan keputusan yang salah. Ia menilai proteksionisme merupakan suatu wujud kelemahan dan ketakutan AS terhadap dominasi negara-negara berkembang di pasar Negeri Paman Sam. “Padahal keterbukaan perdagangan membuka banyak lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan yang luas bagi para customer untuk menentukan sendiri kebutuhannya. ICC jelas akan berjuang melawan proteksionisme,” tegasnya. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Pengalaman Firmansah Iman Menjelajahi Lokasi-lokasi Sulit di Ketinggian

Gerombolan Bandit Ditembak