in

Sekjen Partai Demokrat Sebut Nasdem-PKB Sepihak Sepakati Anies-Cak Imin

PADEK.JAWAPOS.COM-Partai Demokrat mengungkapkan bahwa Capres Anies Baswedan telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB. Dalam kerja sama tersebut, Anies diusung berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan informasi tersebut diperolehnya Rabu (30/8/2023) dari Sudirman Said, Juru Bicara Anies Baswedan.

“Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh. Hari ini, kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. Ia mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat “dipaksa” menerima keputusan itu (fait accompli),” ungkap Teuku Riefky Harsya dalam rilisnya, Kamis (31/8/2023).

Menyikapi itu, Partai Demokrat akan melakukan rapat Majelis Tinggi Partai untuk mengambil keputusan selanjutnya. “Sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat tahun 2020, kewenangan penentuan koalisi dan Capres/Cawapres ditentukan oleh Majelis Tinggi Partai,” imbuh anggota Tim 8 dari Partai Demokrat itu.

Menurut Teuku Riefky, kerja sama tersebut sesuatu yang tidak terduga dan sulit dipercaya terjadi. Di tengah proses finalisasi kerja parpol koalisi bersama Capres Anies dan persiapan deklarasi, tiba-tiba terjadi perubahan fundamental dan mengejutkan.

Pada Selasa malam, 29 Agustus 2023 di Nasdem Tower,  kata Teuku Riefky, secara sepihak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres Anies, tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS.

“Malam itu juga, Capres Anies dipanggil oleh Surya Paloh untuk menerima keputusan itu. Sehari kemudian, 30 Agustus 2023, Capres

Anies dalam urusan yang sangat penting ini, tidak menyampaikan secara langsung kepada pimpinan tertinggi PKS dan Partai Demokrat, melainkan terlebih dahulu mengutus  Sudirman Said untuk menyampaikannya,” ungkap Teuku Riefky.

Peristiwa yang terjadi tersebut, kata Teuku Riefky merupakan bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan, pengkhianatan terhadap piagam koalisi yang telah disepakati oleh ketiga parpol. “Juga pengkhianatan terhadap apa yang telah disampaikan sendiri oleh Capres Anies Baswedan, yang telah diberikan mandat untuk memimpin Koalisi Perubahan,” tandasnya.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Demi Pariwisata, Pemkab Mentawai Bakal Subsidi Penumpang Pesawat ATR-70

Dukung Aksi Nasional, TNI AU Sosialisasikan P4GN di Lanud Sutan Sjahrir Padang