in

Senggolan di Kualanamu, Sayap Wings dan Lion Air Rusak

Jumat, 4 Agustus 2017 15:25 WIB

* Rombongan PSMS Delay 30 Menit 

MEDAN – Insiden senggolan dialami dua pesawat milik Lion Groups di landasan Bandara Kualanamu, Deliserdang, Kamis (3/8). Tidak ada korban terluka dalam insiden ini, namun penumpang tetap dirugikan.

PR Manager Lion Air Groups, Andi M Saladin mengakui insiden ini melibatkan Lion Air JT 197 dan Wings Air IW 1252 yang sama-sama dikelola Lion Groups.

Insiden terjadi ketika Lion Air yang mengangkut 144 penumpang dari Banda Aceh tiba di Bandara Kualanamu sekira pukul 11.00 WIB. Saat bersamaan Wings Air IW 1252 tengah bersiap-siap lepas landas menuju Nagan Raya di jalur yang sama. “Seluruh penumpang dipastikan selamat dan tidak ada yang mengalami cedera,” kata Andy.

Menurutnya, kedua pesawat yang terlibat insiden langsung dibawa ke apron, sehingga tidak mengganggu operasional penerbangan. Lion Groups dipastikannya bertanggung jawab penuh atas insiden ini. Bagi penumpang Wings akan diberikan full refund di tempat atau penjadwalan ulang, sementara penumpang Lion yang memiliki penerbangan lanjutan akan diberangkatkan menggunakan Batik Air. 

Insiden ini menyebabkan sayap kedua pesawat rusak. Berbeda dengan pengakuan Andy yang mengklaim operasional bandara tidak terganggu, otoritas bandara justru dilaporkan terpaksa menutup sementara landasan terbang. “Kami akan menunggu hasil investigasi atas kejadian ini dari pihak berwenang yaitu KNKT,” lanjut Andy. 

Duty Manager Bandara Kualanamu, Jasirin juga mengatakan penyebab insiden itu masih dalam investigasi. Ia tidak mau memberikan kesimpulan, karena bisa menimbulkan polemik. “Masih dilakukan investigasi,” ujarnya. 

Direktur Umum Lion Groups, Edward Sirait tidak berkomentar banyak. Ketika dikonfirmasi, ia mengarahkan media ini meminta informasi kepada Airnav. 

Insiden senggolan dua pesawat milik Lion Groups di Bandara Kualanamu, Deliserdang, berimbas pada rombongan PSMS Medan yang akan bertolak ke Banda Aceh. Tim berjuluk Ayam Kinantan itu akan bertanding melawan Persiraja, Sabtu (5/8) malam. 

Sesuai jadwal 18 pemain beserta pelatih dan sejumlah ofisial bertolak ke Banda Aceh melalui Bandara Kualanamu pukul 14.50 WIB. Namun penerbangan molor hingga setengah jam. “Ditunda 30 menit,” kata asisten pelatih PSMS, Edy Syahputra. 

Namun Edy tidak bisa memastikan apakah penundaan itu berkaitan dengan insiden Lion Air dengan Wings Air. Informasi lain keterlambatan penerbangan ini juga dialami beberapa maskapai lain. (mad)

What do you think?

Written by virgo

6 Zak Kimia Dalam Makanan Olahan Ini Dapat Meracuni Tubuh

Sudah Embat Sepeda Motor, Memeras Pula