in

Sijunjung Terima Penghargaan Ketahanan Pangan

REWARD: Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan penghargaan pada
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Jumat (24/11).(KOMINFO SIJUNJUNG FOR PADEK)

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2023 tingkat Sumbar. Penghargaan tersebut diserahkan secara resmi oleh Wagub Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Direktur Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional RI, Rachmad Firdaus di The ZHM Premiere Padang, Jumat (24/11).

Dalam momentum ini Bupati Sijunjung turut didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Adri, Kepala Dinas Kominfo, David Rinaldo dan Kabid Keamanan Pangan Dispaperi, Ning Wisma Utami.

Diketahui, dari 19 Bupati dan Wali Kota se-Sumbar, terdapat tiga Kepala Daerah menerima penghargaan kategori pembina ketahanan pangan terbaik tingkat Sumbar. Yakni Bupati Sijunjung, Bupati Pasaman, dan Wali Kota Solok.

Hal ini perlu diapresiasi, dibawah kepemimpinan Bupati Benny Dwifa-Wabup Iraddatillah, Kabupaten Sijunjung berhasil meraih tiga penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara pada Tahun 2023.

Penghargaan pertama kategori pembina ketahan pangan terbaik kepala daerah/bupati/walikota. Kedua kategori pembina ketahanan pangan tingkat desa (Afrizaldi, Wali Nagari Padangsibusuk). Kemudian, kategori pendamping ketahanan pangan (Naima’tun, Penyuluh Pertanian wilayah Binaan Nagari Lalan).

Dalam siaran persnya Bupati Benny Dwifa mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI.

“Alhamdulillah, kita patut bangga dengan meraih penghargaan ini. Dari belasan Kepala Daerah di Sumbar tercatat hanya tiga orang mendapat penghargaan APN, adalah-satunya adalah kepala daerah Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Dikatakannya, penghargaan itu tidak mudah didapatkan, melainkan melalui proses seleksi yang ekstra ketat, serta mengacu pada berbagai aspek dalam proses penilaian. Termasuk penilaian secara administrasi hingga melakukan peninjauan lapangan.

“Dari hasil penilaian, Kabupaten Sijunjung dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap ketahanan pangan,” kata Benny Dwifa.

Ia berharap kepada seluruh pelaku pertanian agar tetap menjaga ketahanan pangan. Suksesi yang diraih bisa menjadi pemacu semangat para petani dan pelaku pertanian kita untuk terus menjaga ketahanan pangan di Bumi Sijunjung Ranah Lansek Manih. (atn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

31 Badan Publik Terpilih Presentasi Inovasi dan Strategi Keterbukaan Informasi Publik

Jung Woo-sung & Shin Hyun-been belajar bahasa isyarat kali pertama