in

SMP Negeri 2 Lintau Buo Utara, Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran PAI

Susilawati, S.Pd.I, M.Hum
(GURU SMPN 2 LINTAU BUO UTARA)

Saat ini kita hidup di era modern. Di mana kehadiran teknologi adalah sesuatu yang harus kita terima dan tidak dapat dihindari. Kemajuan teknologi bahkan telah merambah ke berbagai segi kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

Pemanfaatan teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat bisa dielakan. Mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dan menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan, karena teknologi itu sendiri adalah bagian dari kehidupan modern.

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia pendidikan, kehadiran teknologi yang ada saat ini terbukti sangat membantu dalam proses pembelajaran. Bagi anak didik kita, teknologi adalah dunia mereka. Mereka lebih banyak berinteraksi dan sibuk dengan gawai pintar yang bisa mengakses berbagai hal.

Mereka yang lahir di era digital adalah generasi digital. Maka dari itu, sudah sewajarnya pembelajaran yang dilaksanakan di kelas pun diintegrasikan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Sekarang, sudah saatnya para pendidik menyesuaikan cara dan materi pembelajaran di kelas sesuai dengan perkembangan zaman, yaitu pembelajaran yang mengasah keterampilan di masa yang akan datang untuk mengahadapi tantangan dunia kerja.

Kita sebagai pendidik harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dengan mengkolaborasikannya dengan kompetensi pedagogik yang kita miliki. Maka dengan melakukan hal tersebut akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi peserta didik.

Seorang pendidik harus bisa mengantarkan dan membimbing peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Berkaitan dengan kodrat zaman, maka tugas seorang pendidik mengantarkan dan membimbing peserta didik untuk belajar sesuai dengan zaman dimana mereka hidup.

Saat ini, peserta didik hidup di era digital yang dikelilingi kemajuan teknologi, maka keharusan bagi seorang pendidik untuk menghadirkan pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi. Kita sebagai pendidik tidak bisa lagi menggunakan metode yang monoton dalam menyajikan materi.

Tetapi bagaimana pendidik dituntut untuk bisa menyandingkan kemajuan teknologi itu dengan materi pelajaran di kelas. Intergrasi materi pelajaran dengan teknologi ini dilakukan dengan tujuan agar peserta didik bisa hidup berkarya di zamannya, bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi saat ini dan mahir menggunakan teknologi tersebut, yang kita kenal dengan kecakapan abad 21.

Kemajuan teknologi yang pesat melahirkan aplikasi online yang bermanfaat dalam dunia pendidikan. Beberapa aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh pendidik dalam menyajikan materi di kelas adalah aplikasi Canca, quizz, dan berbagai aplikasi lainnya. Dalam pembelajaran kurikulum merdeka, pembelajaran lebih dipusatkan kepada murid.

Dimana murid bisa mengeksplor berbagai bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Pembelajaran dalam kodisi seperti ini menuntut berbagai pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pendidik diharapkan bisa mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik.

Dalam menyajikan materi, pendidik bisa menggerakkan peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan di lapangan, dan menyajikan nya ke dalam suatu laporan dengan memanfaatkan aplikasi online seperti canva. Aplikasi canva ini sudah diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas 9 di SMPN 2 Lintau Buo Utara.

Di mana pendidik meminta peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok terkait materi pelajaran dengan mengaitkannya dengan permasalahan atau fenomena yang mereka temui di lapangan ke dalam suatu bentuk laporan dengan memanfaatkan aplikasi Canva.

Laporan yang dibuat dengan memanfaatkan aplikasi canva tersebut,terlihat lebih menarik dan peserta didik ternyata bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menuliskan laporan kelompoknya. Setelah membuat laporan dengan memnafaatkan aplikasi canva tersebut, maka pendidik meminta peserta didik untuk mempresentasikan laporannya di depan kelas.

Dengan menerapkan pembelajaran seperti ini, maka proses pembelajaran akan lebih bermakna. Di satu sisi, pendidik bisa melatih Public speaking peserta didik di kelas, mengajar mereka untuk berani berbicara di depan umum, berani berpendapat atau berargumen, serta mampu menjawab permasalahan yang diajukan oleh temannya di kelas.

Dengan demikian maka peserta didik belajar untuk berfikir kritis. manfaat lainnya adalah pendidik bisa mengarahkan dan membimbing kemajuan teknologi saat ini dengan mengarahkan peserta didik kepada aplikasi yang berguna dalam dunia pendidikan.(Susilawati, S.Pd.I, M.Hum, GURU SMPN 2 LINTAU BUO UTARA)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPT SD Negeri 30 Singgalang: Aplikasi Canva, Strategi Pembelajaran Efektif dan Inovatif

Tingkatkan Kesadaran dalam Beragama, Donizar Salurkan 4 Miliar Pokir di Bidang Keagamaan