in

SMPN 2 Bukittinggi, Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia

Dilla, S.Pd
GURU SMPN 2 BUKITTINGGI

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa nasional Republik Indonesia. Bahasa ini disebut juga sebagai Bahasa persatuan dan diresmikan pada sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928.

Bahasa Indonesia, sebagai bahasa nasional memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari warga negaranya. Jadi kenapa di setiap jenjang pendidikan selalu diajarkan Bahasa Indonesia?

Karena belajar Bahasa Indonesia tidak hanya tentang memahami kata-kata dan tata bahasa, tetapi juga menghargai warisan budaya dan mempersatukan budaya yang banyak di Indonesia.

Karena sesuai dengan fungsi Bahasa Indonesia sebagai sarana pemersatu berbagai suku bangsa dan sebagai sarana komunikasi antardaerah dan antar budaya daerah di Indonesia.

Apa pentingnya belajar Bahasa Indonesia di setiap jenjang pendidikan? Bahasa Indonesia diperlukan untuk memperlancar atau memfasilitasi komunikasi pada tataran nasional. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa kebanggaan bangsa Indonesia.

Sebagai penghubung identitas nasional, untuk menghargai warisan budaya dan komunikasi yang efektif. Bahasa Indonesia adalah salah satu unsur terpenting dalam pembentukan identitas nasional Indonesia.

Ini adalah bahasa yang menyatukan ribuan pulau, suku dan budaya yang beragam di seluruh nusantara. Jadi belajar bahasa Indonesia membantu warga negara Indonesia merasa bersatu sebagai satu bangsa.

Selain sebagai identitas bangsa, belajar Bahasa Indonesia juga penting sebagai bentuk komunikasi sehari-hari. Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan, ini terbukti dengan digunakannya bahasa ini dalam percakapan sehari-hari, di rumah, di sekolah, di tempat kerja dan dalam berbagai situasi sosial lainnya.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Indonesia membuka pintu untuk memahami, berinteraksi dan berpatisipasi dalam masyarakat secara efektif.

Bahasa Indoensia juga penting sebagai pintu masuk ke budaya dan sastra Indonesia, bahasa adalah jendela budaya dan sastra suatu negara. Bahas Indonesia memberi akses kepada individu untuk menjelajah kekayaan budaya dan sastra Indonesia yang sangat beragam.

Dalam Bahasa Indonesia, ada ribuan karya sastra, legenda, dongeng, dan tradisi lisan yang bisa dinikmati, yang berasal dari berbagai daerah, dengan adanya bahasa pemersatu ini, maka kita dengan mudah bisa memahami dan mengetahui berbagai cerita dari berbagai daerah tersebut.

Selain itu juga sangat perlu dan pentingnya bahasa Indonesia ini adalah digunakan sebagai pengantar dalam pendidikan formal di Indonesia. Dalam menguasai Bahasa Indonesia, siswa memiliki akses yang lebih baik ke pengetahuan dan informasi yang diajarkan sekolah.

Kemampuan membaca, menulis dan berbicara dalam Bahasa Indonesia adalah landasan yang kuat untuk sukses di dunia Pendidikan. Karena Bahasa Indonesia adalah pengantar dalam dunia pendidikan.

Mampu dan terampil berbahasa Indonesia juga bisa meningkatkan peluang kerja. Di dunia yang semakin berkembang pesat, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris adalah aset yang sangat berharga.

Banyak perusahaan di Indonesia mengharapkan karyawan mereka memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia, sehingga kemampuan ini dapat membuka peluang kerja yang lebih luas lagi.

Selain itu juga dibutuhkan untuk menjaga kesinambungan budaya. Belajar Bahasa Indonesia juga berperan dalam menjaga kesinambungan budaya Indonesia.

Dengan pemahaman yang dimiliki generasi muda maka akan dapat menghargai dan mempraktikkan Bahasa Indonesia sampai kapanpun sehingga budaya ini dapat terus hidup dan berkembang sepanjang zaman.

Jadi Bahasa Indonesia sangat penting dalam arti kata bukan hanya sekadar alat komunikasi. Ini adalah bagian integral dari identitas nasiona budaya, perkembangan sosial ekonomi Indoensia.

Oleh karena itu, belajar Bahasa Indonesia adalah tugas yang penting bagi setiap warga negara dan dapat juga menjadi sumber kekayaan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang budaya dan sejarah negara ini.

Dengan memahami pentingnya Bahasa Indonesia, kita dapat lebih menghargai warisan budaya dan mengambil peran aktif dalam memajukan negara ini.

Bahasa Indonesia adalah jati diri bangsa, maka menggunakan Bahasa Indonesia berarti memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi kepada NKRI melalui Bahasa Indonesia.

Penggunaan Bahasa Indonesia harus dilakukan gerakan secara nasional karena dengan Bahasa Indonesia bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Apa jadinya jika dalam suatu negara tidak ada bahasa nasional atau pemersatu, tentu saja masyarakatnya akan kesulitan berkomunikasi dan berbahasa sehingga bisa menimbulkan perpecahan dan permasalahan.

Bagaimana cara mempertahankan eksistensi bahasa Indonesia di masa globalisasi ini? Harus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah memunculkan rasa bangga terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan identitas bangsa.

Selain itu juga harus menanamkan sifat disiplin menggunakan Bahasa Indonesia dalam keseharian. Sebagai lambang identitas nasional, Bahasa Indonesia merupakan lambang bangsa.

Hal ini berarti melalui Bahasa Indonesia akan dapat diketahui identitas seseorang, yaitu sifat, tingkah laku, dan watak seseorang sebagai bangsa Indonesia .

Menjaga Bahasa Indonesia ini adalah tanggung jawab kita bersama, tanggung jawab seluruh putra putri Indonesia tanpa terkecuali, sesuai dengan isi sumpah pemuda butir ketiga “Kami putra putri Indonesia menjunjung tinggi Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.” (Dilla, S.Pd, GURU SMPN 2 BUKITTINGGI)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Warga Maek Swadaya Perbaiki Jalan Terban 

Presiden keliling ASEAN hingga geowisata tersembunyi Danau Biru