in

Tanaman ADAS Tak Sekedar pewangi Obat, berikut Manfaat Adas untuk Kesehatan

Nama latinnya adalah Foeniculum vulgare Mill., merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Penyakit yang bisa diobati oleh tumbuhan ini seperti : sakit perut, perut kembung, mual, muntah ASI sedikit dan diare. Tak hanya itu saja adas juga bermamfaat untuk menyembuhkan penyakit kuning (jaundice), batuk, sesak nafas (astma),  nyeri haid serta haid tidak teratur. 

Penyakit berat pun juga dapat disebuhkan dengan bantuan adas seperti penyakit bua pelir turun (orchidoptosis), kolik, batu empedu, pembengkakan saluran sperma (epididimis), penimbunan cairan dalm katung buah zakar (hiodrokel testis), keracunan tumbuhan obat atau jamur, da meningkatkan pengelihatan. Selain itu juga dapat mengatasi usus turun kelipat paha atau  hernia inguanalis, walaupun seentara. Karena pengobatan hernia harus tetap dengan jalan operasi yaitu menutup lubangsaluran yang ada

Adas menghasilkan minyak adas yaitu hasil sulingan dari buah adas yang masak dan kering. Ada dua macam minyak adas yang masak dan kering. Keduanya sama-sama dipkai pada industri obat-obatan. Biasanya minyak adas digunakan juga untuk minyak gosok masuk angin. Selain buahnya daun adas juga digunakan sebagai obat. Sebagaimana tumbuhan obat yang lain, meskipun adas memiliki segudang manfaat tetapi adas tidak diperkenankan dikonsumsi dengan jumlah besar.

berikut Manfaat Adas untuk Kesehatan

Beberapa cara penggunaan adas :

1. Batuk

    Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gram diseduh dengan ½ cangkir air mendidih. Setelah dingin lalu disaring ditambahkan satu sendok teh madu. Aduk merata minum sekaligus dua kali sehari

    Loading…

    2. Sesak napas

      Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sdm air panas. Minum selagi hangat, lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

      3. Batu empedu

        Serbuk buah adas 5 gram diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum setelah dingin. Lakukan setiap hari.

        Sumber : Wahyudi Ahmad.2007.Khasiat Obat-obatan Alami Disekitar Kita.Sukoharjo:Tazakka Herba Media

        Tags: Aulialiberty, Hidup Sehat, Pola Hidup Sehat, Tanaman Adas, Manfaattanamanadas, Herbalsehat, Gaya Hidup Sehat

        Loading…

        What do you think?

        Written by Julliana Elora

        Pembekalan Caleg

        Kisah Jenderal Kiki yang Hampir ‘Berantem’ dengan Prabowo Subianto