in

Targetkan Dua Tahun Guru PAUD Jadi Sarjana

DILANTIK: Kepengurusan Himpunan
Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Payakumbuh
periode 2021-2025 resmi dilantik, Senin (4/7) lalu.(IST)

DR Henny Yusnita Riza dipercaya sebagai Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Payakumbuh periode 2021– 2025. Istri Wali Kota Payakumbuh itu dilantik oleh Wakil Ketua Himpaudi Sumbar Reni Yulianti di Aula Ngalau Indah, Payakumbuh, Senin (4/7) lalu.

Saat pelantikan, juga hadir Asisten II Elzadaswarman dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Payakumbuh Dasril. Kemudian, Perwakilan camat, Bunda Paud se-Kota Payakumbuh, GOW, serta tamu undangan.

Dalam menggerakan roda oranisasi, Henny Yusnita akan dibantu oleh empat wakil ketua. Yakni, Elfriza Zaharman, Syahrul, Isfaidarwati, dan Betti Yenti. Selain itu, Henny juga dibantu Sekretaris Umi Kalsum, Wakil Sekretaris Lisfayanti, dan Bendahara Billy Handayani.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Wakil Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi Sumbar yang telah melantik kepengurusan Himpaudi Payakumbuh. Setelah dilantik tentu banyak yang harus dikoordinasikan, seperti pembuatan program kerja dan juga akan bekerja sama dengan seluruh mitra organisasi. Terutama yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini,” ujar Henny.

Henny mengatakan, pihaknya akan melanjutkan program peningkatan kualitas pendidik PAUD yang menempuh pendidikan S1 PAUD. “Insya Allah dalam 2 tahun ke depan kami akan menghasilkan guru PAUD dengan gelar Spd.Aud,” ujarnya.

Disisi lain, Henny juga terus berkoordinasi dengan Disdik untuk memberikan insentif yang layak kepada para pendidik PAUD. Pihaknya juga terus mendorong kepada Disdik Kota Payakumbuh untuk memberikan insentif yang layak kepada para pendidik PAUD. “Dan Alhamdulillah sudah 90 persen yang menerima insentif secara layak,” ungkap Henny.

Dosen non-aktif ITB ini juga meminta bimbingan dari Himpaudi Sumbar untuk sama-sama meningkatkan kualitas pendidik PAUD, dengan tujuan akhir anak-anak PAUD di Kota Payakumbuh dapat terlayani dengan baik dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Sementara itu,Wakil Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi Sumbar Reni Yuliati menjelaskan, Himpaudi merupakan sarana penggerak dan membentuk perkembangan anak usia dini secara optimal serta untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Salah satu tugas Himpaudi adalah mensosialisasikan program PAUD kepada semua lapisan masyarakat, sekaligus menyiapkan generasi emas yang berkualitas,” jelas Reni.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten II Elzadaswarman menyampaikan bahwa ke depan PAUD akan menjadi sesuatu yang penting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Berkaitan dengan pendidikan, kita harus dorong baik PAUD, SD, SMP, SMA dan bahkan hingga perguruan tinggi. Sehingga nanti bisa melahirkan generasi yang cemerlang dan cerdas,” ujarnya.

Elzadaswarman atau yang akrab disapa Om Zet mengatakan, keterlibatan pemerintah daerah tidak hanya dari sisi infrastruktur saja. Tetapi juga dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM).

“Keterlibatan pemerintah daerah tidak hanya dari segi infrastruktur, namun juga mendorong sumber daya manusianya, baik tenaga pendidik dan kependidikan tersebut,” tukasnya. (frv)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Makna Aksara di Lembar Warna-Warni

Ini 5 Kategori Sampah yang Bisa Disetor ke Nabuang Sarok PT Semen Padang