in

Teddy Minahasa jadi Kapolda Jatim, Rusdi Hartono Kapolda Sumbar

Kadiv Humas Polri Irjen Dedy Prasetyo ketika diwawancarai wartawan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Irjen Pol Teddy Minahasa Putra ditunjuk sebagai Kapolda Jawa Timur, menggantikan Irjen Pol Nico Afinta yang mengemban jabatan baru sebagai Sahslisosbud Kapolri.

Sementara itu jabatan Kapolda Sumbar dipercayakan Kapolri kepada Irjen Pol Rusdi Hartono yang sebelumnya Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri dan pernah menjabat Karopenmas Polri.

Keputusan mutasi jabatan tersebut tertera dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 tanggal 10 Oktober 2022.

“Ya betul mutasi dalam rangka tour of duty dan tour of area,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedy Prasetyo, Senin (10/10/2022).

Menurut Irjen Dedy, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi.

Sementara itu, Kapolri juga menunjuk Brigjen Pol Asep Edi Suheri sebagai Wakabareskrim Polri. Posisi Wakabareskrim sebelumnya kosong setelah Irjen Pol Syahardiantono mengemban tugas sebagai Kadiv Propam Polri.

Bukan Orang Baru di Jatim

Berdasarkan catatan jawapos.com, Irjen Pol Teddy Minahasa yang menjabat Kapolda Sumbar sejak 25 Agustus 2021 lalu, bukanlah orang baru di Jawa Timur.  Dia sebelumnya pernah menjabat Kapolresta Malang pada 2011.

Kemudian, pada tahun 2013 Teddy menjabat Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri. Pada tahun yang sama, Teddy promosi jabatan menjadi Kaden C Ropaminal Divpropam Polri.

Setahun kemudian, Ketua Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) itu menjadi ajudan khusus Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Dia dipercaya menjadi staf ahli Jusuf Kalla pada 2017.

Pada tahun yang sama, Teddy dipindahtugaskan menjadi Karopaminal Divpropam Polri. Setahun setelah itu (2018) Teddy menjabat dua posisi, yakni Kapolda Banten dan Wakapolda Lampung.(jpg/esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rusdi Hartono Jabat Kapolda Sumbar, Teddy Mutasi ke Jatim

Perkara Bumdesma, Desa Sudah Dirugikan