in

[Update 2016] Top 42+ Tempat Wisata di Bogor Paling Diminati Untuk Berlibur dan Rekreasi Alam

Anda dapat mengeksplorasi keindahan alam dan pesona wisata Bogor di sejumlah tempat, seperti kawasan Puncak atau daerah Sentul, dan daerah lainnya. Sementara itu, di jantung kota Bogor terdapat sebuah kebun raya legendaris yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Tak kalah seru, Anda dapat mengecap berbagai wahana permainan menarik dari beberapa tempat wisata yang berlokasi di tengah-tengah kota Bogor, tentu sangat mudah mengakses lokasinya.

Berbagai tempat kuliner Bogor serta jajanan khasnya yang nikmat juga diburu banyak kalangan pecinta kuliner. Daya tarik wisatanya yang mempesona ini berkonsekuensi logis pada kemacetan lalu lintas yang sudah menjadi fenomena biasa di Bogor, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Namun, pengaturan lalu lintas dari stakeholder terkait dipastikan akan memudahkan Anda untuk menikmati liburan di Bogor dengan menyenangkan.

Baca juga: Top 5 Hotel di Bogor Paling Populer

Tempat Wisata di Bogor

Jika Anda merencanakan untuk berlibur di Bogor, berikut ini adalah pilihan tempat wisata Bogor yang trending dan populer di kalangan wisatawan. Sebagian diantaranya adalah tempat rekreasi alam yang menyegarkan!

42. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang menghadirkan edukasi dan pengalaman berinteraksi langsung dengan burung Elang. Berdiri sejak tahun 2008, Suaka Elang Loji bertujuan sebagai tempat rehabilitasi burung-burung elang, baik yang dipelihara warga ataupun hasil tangkapan ilegal yang diperjualbelikan secara ilegal. Di tempat ini, suasananya terasa begitu asri dengan udara sejuk khas Bogor. Juga, tersedia camping ground yang cukup luas jika Anda ingin berkemping di sana. Anda hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju kawasan bukit. Atau, ingin bermain-main air di kolam Curug Cibadak yang ada di kawasan ini?

Jembatan gantung di Suaka Elang Loji

Jembatan gantung di Suaka Elang Loji via ruhamarynt

Piknik dan berkemah di Suaka Elang Loji Bogor

Piknik dan berkemah di Suaka Elang Loji Bogor via israjputri

Alamat: Kampung Loji, Ciburayut, Kec. Cigombong, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar Rp 7.500

41. Bukit Alesano

Destinasi wisata Bogor yang satu ini menyuguhkan Anda sebuah pengalaman menyaksikan lanskap kota Bogor dari ketinggian, juga menatap puncak Gunung Gede yang megah. Saat malam hari, kerlap-kerlip cahaya lampu kota terlihat menawan dari puncak Bukit Alesano ini. Di tempat ini, tersedia camping ground yang cukup luas bagi Anda yang ingin bermalam di puncak bukit dan mendirikan tenda. Jangan khawatir bila Anda hendak berkemah, telah tersedia fasilitas MCK yang cukup baik, parkir kendaraan roda dua, serta akses air bersih yang disalurkan melalui pipa paralon di sepanjang area camping. Terlihat pula warung sederhana untuk mensuplai kebutuhan makan minum yang diperlukan di puncak bukit ini. Di kalangan penikmat perjalanan, Bukit Alesano menjadi salah satu objek wisata di Bogor yang sedang trending.

Berkemah di Bukit Alesano Bogor

Berkemah di Bukit Alesano Bogor via riougen

Horizon indah dari ketinggian Bukit Alesano

Horizon indah dari ketinggian Bukit Alesano via ko_junn

Alamat: Cipelang, Cijeruk, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 10 ribuan

40. Leuwi Lieuk

Inilah salah satu pesona objek wisata Bogor yang tersembunyi di balik lebatnya hutan Sentul Selatan. Leuwi Lieuk di Sentul merupakan sebuah danau kecil, memiliki air yang jernih dan segar dengan warna hijau toska. Sepintas, Leuwi Lieuk mengingatkan kita pada Green Canyon di Pangandaran. Objek wisata ini berada dalam satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo. Oleh karenanya, Anda harus masuk dari pintu gerbang wisata Curug Leuwi Hejo tersebut dan memarkirkan kendaraan di dekat pos pendaftaran. Anda memerlukan trekking selama sekitar 20 menit agar tiba di lokasi Leuwi Lieuk. Perjalanan trekking ini cukup naik turun dan curam.

Air jernih kehijauan di Leuwi Lieuk

Air jernih kehijauan di Leuwi Lieuk via greencearth

Trekking ke Leuwi Lieuk

Trekking ke Leuwi Lieuk via matoyib

Alamat: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 5 ribuan

39. Gunung Munara Rumpin

Bagi Anda penyuka hiking ringan, destinasi ini cocok bagi Anda yang ingin mendaki. Gunung Munara Rumpin yang berketinggian sekitar 1.119 meter dpl ini sesungguhnya adalah sebuah bukit. Dari puncaknya, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah. Anda perlu melakukan trekking ke puncak dalam durasi perjalanan sekitar 1 jam, kondisi jalur yang dilewati berupa tanah gambut yang licin. Meski tersedia camping ground, namun mampu menampung sekitar 3 tenda saja. Waktu terbaik untuk naik ke Gunung Munara Rumpin adalah pada saat pagi hari.

Menyaksikan lanskap hijau dari Gunung Munara Rumpin

Menyaksikan lanskap hijau dari Gunung Munara Rumpin via langkah.amatir

Lelah yang terbayar dengan panorama indah di puncak Gunung Munara Rumpin

Lelah yang terbayar dengan panorama indah di puncak Gunung Munara Rumpin via shelly_marzellyna

Alamat: Kp. Sawah, Kec. Rumpin, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 5 ribuan

38. Kuntum Nurseries

Kuntum Nurseries adalah sebuah kawasan agrowisata yang memadukan konsep nursery, edukasi dan rekreasi. Tempat wisata di Bogor yang satu ini adalah pilihan menarik untuk rekreasi keluarga, terutama bagi wisata anak. Terdapat berbagai binatang jinak yang ramah bagi anak-anak sehingga mereka dapat berinteraksi. Memberi makan hewan ternak, menunggang kuda, mancing ikan, atau memetik hasil kebun adalah beberapa kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan di Kuntum Nurseries. Juga, terdapat koleksi tanaman hias dan buah-buahan organik. Anda dapat membeli dan membawa pulang sebagai oleh-oleh. Waktu terbaik mengunjungi Kuntum Nurseries adalah saat pagi hari ketika udara masih terasa segar dan sejuk.

Mengenal hewan dan tumbuhan di Kuntum Nurseries Bogor

Mengenal hewan dan tumbuhan di Kuntum Nurseries Bogor via dheanurmalita

Memilih bibit bunga untuk dibawa pulang dari Kuntum Nurseries

Memilih bibit bunga untuk dibawa pulang dari Kuntum Nurseries via chiuci

Alamat: Jalan Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 40 ribuan

Baca juga: Top 7+ Destinasi di Puncak Bogor

37. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Berdiri megah di Kaki Gunung Salak, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta merupakan sebuah tempat peribadatan Hindu terbesar nomor 2 di Indonesia. Saat Anda memasuki area wisata ini, Anda tinggal memarkirkan kendaraan dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menaiki anak tangga untuk dapat mencapai kawasan inti pura. Anda tidak akan dipungut biaya apapun agar dapat masuk, namun Anda dapat membayar biaya retribusi seikhlasnya yang nantinya akan digunakan untuk pelestarian pura. Setelah memakai selendang di pinggang, selanjutnya Anda akan dipersilakan untuk menikmati nuansa Pura dan berkeliling. Perlu dicatat, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta hanya menerima kunjungan publik sejak pukul 11 siang hingga 3 sore. Selain daripada interval waktu ini, Anda tidak diperkenankan untuk berkeliling.

Keindahan di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor

Keindahan di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor via kmhdup

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta tampak dari atas

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta tampak dari atas via kariani93n

Alamat: Kampung Warungloa, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: gratis dan atau sukarela

36. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol sejatinya adalah sebuah bukit atau tebing batu yang tersusun dari bebatuan cadas dan berketinggian sekitar 875 meter dpl. Jika Anda membawa kendaraan roda dua, parkirlah di warung yang buka 24 jam di sana, karena warung ini juga menjadi pos awal untuk melakukan pendakian ke atas. Setelah trekking dengan jalur yang cukup menantang, Anda akan tiba di puncaknya. Terlihat pemandangan hijau hutan di horizon dengan aliran sungai yang menambah keindahan panorama yang terlihat dari ketinggian ini. Juga tersedia camping ground di area Gunung Batu Jonggol, berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari area parkir. Secara keseluruhan, diperlukan waktu pendakian sekitar 45 menit dari titik parkir kendaraan hingga ke puncak.

Panorama indah di puncak Gunung Batu Jonggol

Panorama indah di puncak Gunung Batu Jonggol via amazingwestjava

Trekking menuju puncak Gunung Batu Jonggol

Trekking menuju puncak Gunung Batu Jonggol via indahnurhasanah99

Alamat: Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 5 ribuan, parkir motor 15 ribuan

What do you think?

Written by virgo

PSM liburkan pemain

Ali Mukartono: Penyataan Ahok Bisa Menimbulkan Perpecahan