in

15 Orang Diduga Perompak Kapal

Tanjungpinang pos – Tim Western Fleet Quick Response Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut membongkar “drama” perompakan barang-barang yang dibawa Kapal Tongkang LKH 7887 dan Tagboat Kim Hock Tug 9. Yang Diduga perompak, Lantamal IV Tanjungpinang menurunkan tim reaksi cepat. Apalagi laporan itu datang dari ILO (International Liaison Officer) Singapura. Ada 6 buah perahu sampan di Perairan Indonesia pada malam tanggal 30 September 2017.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno di Tanjungpinang, mengatakan informasi perompakan kapal yang dilakukan 15 orang tidak dikenal di perairan Indonesia tersebut disampaikan International Liaison Officer. “Setelah diselidiki ternyata anak buah kapal bekerja sama dengan 15 orang perompak yang menggunakan enam unit perahu,” katanya.

Setelah petugas bergerak dan meringkus sejumlah pria tersebut baru diketahui ternyata kapal jenis tongkang itu bukan dirompak. Antara pembawa kapal bersama orang-orang tersebut disebutkan sudah sepakat menjual besi skrap kabel dan 19 galon solar sekitar 500 liter telah dibayar seharga 15 juta rupiah oleh 15 OTK.

Eko menambahkan, selang beberapa saat Tim WFQR Lanal Batam menangkap tiga pompong yang sebelumnya menaiki Kapal Tongkang LKH 7887. Setelah penyelidikan, diketahui bahwa awak perahu dapat menaiki TK LKH 7887 karena sudah terjadi kerja sama sebelumnya dengan anak buah kapal Tugboat Kim Huck Tug 9. “Mereka mengambil besi skrap dari atas kapal. Mereka mendapat upah sebesar Rp 15 juta rupiah,” ucapnya.

Beberapa saat kemudian kata dia tiga pompong lainnya merapat di Dermaga Lanal Batam setelah diperintahkan untuk menyerahkan diri oleh WFQR Lanal Batam. Lantamal IV mengamankan barang bukti berupa Tugboat Kim Hug Tug 9 Kapal Tongkang LKH 7887 enam perahu besi skrap kabel dan 19 galon solar. Selain itu, Tim WFQR juga berhasil menangkap nakhoda kapal beserta delapan orang anak buah kapal dan 15 orang yang menggunakan perahu.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rupiah di Titik Terendah Tahun Ini

Seru, Perayaan Mid-Autumn Lantern Festival di Cross Border Batam