in

Cara Mengisi Kuisioner PMP Online Daring Yang Benar

Berikut ini adalah tutorial / cara memasukkan / mengisi data kuisioner pada aplikasi PMP secara online / Daring yang baik dan benar. 

Tahun 2019,  pengisian kuisioner Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) sekolah dilaksanakan secara daring (online). Jika di tahun sebelumnya operator sekolah harus menginstal aplikasi PMP di laptop yang juga terdapat apliksi dapodik, sekarang semua laptop atau komputer bisa mengakses portal PMP daring. Artinya pekerjaan tidak terpusat pada satu laptop, tapi bisa dilakukan bersama-sama oleh semua responden dalam satu waktu. 

Sisi positinya tentu saja hal ini akan mempercepat pekerjaan karena tidak harus dikerjakan di laptop yang berdapodik saja. Tapi hal lain yang dikhawatirkan adalah kemampuan server PMP pusat, apakah server mampu menampung pekerjaan yang banyak dalam rentang waktu yang sama? Kita lihat saja nanti.

Cara pengisian kuisioner PMP daring pada prinsipnya sama saja dengan pengisian secara ofline di aplikasi PMP tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya, kalau dulu pengisian bisa dilakukan secara ofline (tak terhubung jaringan internet kecuali untuk kirim data), sekarang harus selalu terhubung dengan internet. 

Cara Pengisian Kuisioner PMP Secara Daring

2. Login dengan menggunakan user id dan password sekolah (Jika password terbaru tidak bisa login, gunakan password dapodik tahun 2018). Jika user id dan password benar, halaman PMP daring akan terbuka. Secara default, halaman yang terbuka adalah halaman beranda dengan penggua operator sekolah.



3. Untuk pindah pengguna ( guru, siswa atau komite), pilih menu pengaturan. Kemudian pilih menu Tukar Pengguna. Klik panah kecil di kolom sebelah kanan jenis responden.



4. Pilih jenis responden (guru, siswa, komite). Selanjutnya klik panah di ujung kanan kolom nama responden yang terpilih. Jika nama responden tidak terbaca karena ada di sebelah bawah, skrol halaman ke bawah,



5. Klik menu Perangkat Kuisioner.



6. Selanjutnya klik Rincian,



7. Setelah Klik di panah kecil yang ada di sebelah kanan rincian kuisioner untuk menampilkan soal kuisioner.



8. Jawab kuisioner yang tampil di halaman, scrol ke bawah untuk menampilkan pertanyaan lainnya. Jika semua pertanyaan di halaman atau bagian tersebut selesai dijawab, klik simpan. Klik panah di sebelah kanan menu simpan untuk menampilkan kuisioner bagian berikutnya.



9. Demikian seterusnya sampai semua kuisioner selesai dikerjakan. Pengerjaan kuisioner bisa ditunda dan dikerjakan di lain waktu jika ada keperluan lain atau merasa lelah. Jika ingin keluar dari PMP daring, klik nama responden di sebelah kanan atas jendela aplikasi, kemudian pilih keluar.

Sumber 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ayah dan Anak Tiri Main Judi Online

Jenazah dalam Karung di Sungai Raya, Kaki Digembok Rantai, Tubuh Dikalungi Ban