in

Disduk Permudah Urus Akte Lahir

tanjungpinang pos – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Karimun membuat terobosan dan inovasi dalam pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil melalui program Sama Selamat dan Dapor Teraman. bekerja sama dengan Puskesamas dan RSUD Karimun Program ini untuk kemudahan pengurusan akte lahir bagi ibu melahirkan.

“ Setiap ibu melahirkan mendapatkan tiga hak dari tempat bersalin yaitu Kartu Keluarga (KK) Akte Kelahiran Anak dan Kartu Identitas Anak (KIA),” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq saat peluncuran program ini di Gedung Serbaguna Pemkab Karimun.

“ Sama Selamat dan Dapor Teraman artinya Setiap Anak Mendapatkan Akte Kelahiran Setelah Lahir dan Sebelum Tamat Sekolah Dan Dengan Laporan Terbitlah Akte Kematian supaya lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan pemutakhiran data kependudukan nantinya ” jelas Kadisdukcapil Karimun M Tahar, usai acara peresmian launching di gedung Nilam Sari.

program ini untuk memudahkan sistem pelayanan kependudukan. Penerapannya kerja sama dengan Puskesmas RSUD klinik bersalin dan bidan yang punya izin persalinan.“ Pihak yang telah bekerja sama nantinya membuat laporan tentang persalinan secara online,” ujar Rafiq.

cakupan akte kelahiran di Karimun baru 70 persen Artinya belum sesuai target nasional yaitu sekitar 85 persen Sehingga, melalui program Sama Selamat inilah diharapkan bisa tercapai 85 persen dengan sistem proses pembuatan akte kelahiran lebih singkat dan tidak memakan waktu lama.“ Jadi cara mendapatkan akte kelahiran cukup gunakan sistem online medsos maupun manual langsung diterbitkan akte kelahirannya. Begitu juga bagi anak yang masuk sekolah hingga SMA mulai usia 0 sampai 18 tahun belum punya akte bisa diterbitkan dengan melampirkan surat dari kepala sekolah.

Sedangkan Dapor Teraman yaitu akte kematian yang sistem pembuatannya secara otomatis mulai dari RT RW Desa Kelurahan hingga Kecamatan. Dimana pengumpulan data kematian salah satu keluarga berada di Kecamatan yang dikirim setiap bulannya di Disdukcapil Karimun. Dan langsung dilakukan penerbitan akte kematian yang sekaligus perubahan bioadata di Kartu Keluarga (KK).

What do you think?

Written by virgo

Edarkan 1.000 Butir Pil Ekstasi terancam hukuman mati

BIM Ditutup, Kasang Banjir