in

Dua Dus Petasan Disita

Melebihi Batas Aman, Bahayakan Anak-anak

Polres Sijunjung menyita dua dus petasan berdaya ledak cukup kuat, Kamis (1/6) saat razia petasan di Pasar Sijunjung, Kenagarian Sijunjung.  Razia untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat muslim beribadah di bulan Ramadhan. 

Penertiban petasan secara terpadu oleh Polres Sijunjung bersama unsur Forum Pimpinan Kecamatan di setiap kecamatan. Razia dipimpin langsung oleh Kapolsek Sijunjung, Iptu Yaddi Purnama. 

Dalam razia dan penertiban tersebut, petugas lebih dahulu menekankan  pembinaan pada pedagang agar tidak lagi menjual mainan atau petasan yang berbahaya bagi anak-anak. Namun, jika ditemukan petasan yang berbahaya, petasan tersebut akan disita.

Kapolres Sijunjung, AKBP Imran Amir mengatakan, penertiban untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh petasan atau mercon yang kerap kali dimainkan warga dan anak-anak selama bulan Ramadhan.

“Hari ini kita lakukan giat penertiban petasan atau mercon, terutama bagi pedagang yang menjual petasan yang berbahaya,” ujar Kapolres, Kamis (1/6).

Kapolsek menambahkan, dalam razia perdana kemarin (1/6), petugas langsung mendatangi toko atau penjual kembang api, petasan ataupun sejenisnya di pasar Sijunjung. Dari sejumlah toko yang didatangi petugas, terdapat berbagai macam jenis petasan atau kembang api yang berbahaya ataupun di atas batas aman, sehingga petugas melakukan penyitaan barang tersebut.

“Ada beberapa petasan berbahaya yang kami sita, namun kami tidak melakukan penahanan kepada penjual. Karena operasi lebih ditekankan pada pendekatan dan pembinaan agar pedagang tidak lagi menjual mainan berbahaya.Dan untuk petasan atau mercon yang diduga  berbahaya bagi anak-anak dan mengganggu kenyamanan warga beribadah tetap kami sita,” tambah Iptu Yadi. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Grand Inna Hotel Miliki Kolam Renang

Menelusuri Kehidupan Al Ikhwan Yushel, Putra Agam Buronan Militer Filipina