in

FC Metz vs PSG: Ajang Pembuktian Trio Termahal

Lawan Paris Saint-Germain (PSG) di pekan kelima Ligue 1 memang hanya Metz yang saat ini jadi juru kunci. Namun, fokus utama pertandingan yang dihelat di Stade Saint-Symphorien dini hari nanti bukan hanya terpaku kepada hasil pertandingan. Melainkan penampilan pemain anyar PSG Kylian Mbappe.

Penyerang 18 tahun itu kemarin resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar PSG. Dia akan mengenakan nomor punggung yang musim lalu identik dengannya bersama AS Monaco, 29.

Ya, Mbappe yang dipinjam dari AS Monaco dengan obligasi untuk dibeli seharga EUR 180 juta (sekitar Rp 2,8 triliun) kemungkinan besar akan menjalani debutnya. Kebetulan, Angel Di Maria saat ini masih dibekap cedera paha saat membela timnas Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018. Praktis, tridente Le Parisiens -julukan PSG- kemungkinan besar akan diisi Neymar Jr-Edinson Cavani-Mbappe.

”Bermain di tim seperti PSG, yang memiliki ambisi tinggi untuk jadi yang terbaik dunia, anda juga harus mempunyai ambisi yang sama untuk bisa memenangkan segalanya,” ucap Mbappe sebagaimana dilansir situs resmi Ligue 1. ”Liga Champions adalah salah satu kompetisi yang kami ikuti. Jadi, kami akan bermain untuk bisa menang tiap saat,” sambungnya.

Optimisme penyerang timnas Prancis itu memang bisa dimaklumi. Sebab, dia akan bertandem dengan pemain terbaik dunia yang juga berstatus rekrutan anyar, Neymar. Penyerang 25 tahun itu didatangkan dari Barcelona dengan mahar EUR 220 juta (sekitar Rp 3,5 triliun).

Bersama Neymar, PSG selalu menang dalam empat laga awal Ligue 1. Catatan serupa juga dibukukan Monaco yang ada di posisi runner up. Hanya saja, PSG berhak ada di tempat teratas karena unggul selisih gol.

Pertanyaannya, apakah Mbappe cocok dengan skema main PSG? Melihat karakternya, itu bukan menjadi soal. Sebab, baik Neymar dan Mbappe lebih berkarakter second striker meski bisa juga mengemban sebagai ujung tombak. Mereka berdua akan menopang Cavani yang berperan sebagai target man.

Dari catatan performa musim lalu bersama Monaco, Mbappe memang sukses mencetak 26 gol dari 44 pertandingannya. Kombinasinya bersama RAdamel Falcao menghasilkan juara Ligue 1 dan semifinal Liga Champions. 

Namun, Mbappe tidak hanya piawai dalam mencetak gol. Tercatat ada 50 dribel sukses dari 81 percobaan di musim lalu. 8 assist juga berhasil dibukukan pemain yang akan berusia 19 tahun pada 20 Desember nanti itu.

”Dia baru 18 tahun. Namun, yang terpenting, dia sudah sangat dewasa,” kata pelatih PSG Unai Emery kepada ESPN. Kapabilitasnya sudah tidak ditagukan dan dia juga cepat menyatu dengan atmosfer tim dan taktik PSG. Keputusannya untuk bertahan di Prancis sangat indah,” sambungnya.

Memang, sebelum join bersama PSG, beberapa klub top Eropa tertarik membajaknya dari Monaco. Bahkan, Arsenal dan Real Madrid menjadi yang paling berpeluang setelah pemain yang bersangkutan mengakuinya. Namun, akhirnya dia memililh PSG.

”Semua pemain hebat selalu menuliskan sejarah yang juga hebat di negaranya sendiri,” ujar Mbappe seperti dilansir situs resmi Ligue 1. ”Saya tertarik pindah ke PSG karena kedatangan Neymar. Selain itu, PSG juga memiliki target tinggi yang bisa membuat saya berkembang lebih baik lagi,” katanya.

Mengenai kans melakoni debut melawan Metz, Emery mengaku bahwa Mbappe sudah siap. Sebab, dia sudah bergabung dalam latihan tim sejak pekan lalu meski hanya berlatih ringan lantaran harus membela timnas PRancis di kualifikasi Piala Dunia 2018. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Disdik Siapkan Juknis Sekolah 5 Hari

Elpiji 3 Kg Diklaim Sudah Stabil