in

Inilah 15 Destinasi Pantai di Bali Paling Menawan dan Disukai Wisatawan

Bisa dikatakan, hampir semua wisatawan lokal maupun mancanegara pernah mencanangkan waktu liburan dan menginjakkan kakinya di sejumlah pantai di Bali yang menawan. Mulai dari Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Dreamland, hingga sejumlah pantai lainnya yang bahkan beberapa di antaranya masih belum dieksplorasi luas.

Seperti beberapa daerah lainnya di Indonesia, destinasi wisata pantai di Bali terkenal akan panoramanya yang indah, termasuk pesona sunset dan sunrise yang menawan.

Statistik wisata Bali yang mencatatkan angka 8 juta kunjungan wisatawan setiap tahunnya membuktikan bahwa Bali adalah magnet kuat dari sektor pariwisata Indonesia secara umum.

Wisata Pantai di Bali

Bagi sebagian orang, berlibur ke Bali boleh jadi bukan hanya sekedar keinginan, melainkan target yang harus dilakukan. Seribu cerita tentang keindahan pantai-pantai di Bali rasanya tidak cukup hanya didengar saja. Jika ada rencana berlibur ke Bali atau mengeksplorasi pesona pantainya, berikut ini adalah sejumlah destinasi wisata pantai di Bali yang paling menarik bagi penikmat perjalanan.

1. Pantai Kuta

Nama Pantai Kuta tedenganr familiar bahkan di telinga orang yang belum pernah mengunjunginya sekalipun. Pantai yang terletak di bagian selatan Pulau Dewata ini menjadi destinasi wisata pantai nomor satu di Bali, terutama bagi wisatawan luar negeri. Konon, Pantai Kuta termasuk salaj satu pantai tertua di Bali karena pamornya sudah mendunia sejak tahun 1970 silam.

Pantai Kuta Bali, pesona legendaris yang populer

Pantai Kuta Bali, pesona legendaris yang populer via water-sport-bali.com

Jika Pantai Sanur lebih populer dengan pesona sunrise, maka sebaliknya di Pantai Kuta Anda akan takjub dengan keindahan sunset yang sungguh menawan hati. Momen matahari terbenam ini bahkan sering menjadi objek para pecinta fotografi, termasuk sebagai latar foto pre-wedding yang mempesona. Dari Bandara Gusti Ngurah Rai, perjalanan ke Pantai Kuta hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan pribadi atau taksi.

2. Pantai Sanur

Pantai Sanur adalah pantai di Bali yang tak kalah populer dibandingkan dengan Pantai Kuta. Jika di Pantai Kuta Anda bisa menikmati temaram senja, maka Pantai Sanur menyuguhkan salah satu kebesaran Tuhan melalui pesona sunrise yang mempesona di pagi hari.

Pantai Sanur, salah satu pesona sunrise di Bali yang menawan

Pantai Sanur, salah satu pesona sunrise di Bali yang menawan via wisatamurahbali.info

Karena memiliki karakter ombak yang sangat tenang, Pantai Sanur tidak cocok untuk olahraga surfing. Surfing atau berselancar membutuhkan ombak yang cukup besar. Olahraga air yang paling cocok di pantai ini adalah scuba diving dan snorkeling. Bagi wisatawan yang baru belajar menyelam, Pantai Sanur sangat cocok untuk menyelam karena airnya sangat tenang. Pantai sanur Bali terletak di Desa Sanur ke arah Timur dari Pusat Kota Denpasar. Dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini berjarak sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan arus lalu lintas normal.

3. Pantai Dreamland

Bisa dibilang, Pantai Dreamland adalah salah satu pantai di Bali yang disukai para peselancar. Ini tidak berlebihan sebab pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang. Pasir putih yang terhampar indah di sepanjang pantai diselingi gulungan ombak yang berkejaran menuju tepi pantai adalah gambaran nyata pesona Pantai Dreamland yang tidak kalah dengan pantai lainnya.

Pantai Dreamland di Bali

Pantai Dreamland di Bali via baliwisatatravel.com

Bagi yang tidak suka surfing, Anda bisa duduk-duduk di tepi pantai dengan menyewa kursi panjang untuk berjemur lengkap dengan payungnya. Pantai ini semakin ramai dipadati pengunjung justru saat menjelang sore hari. Mungkin cuaca yang tidak begitu panas menjadi alasan wisatawan yang memilih datang di sore hari. Pantai Dreamland berada di Desa Pecatu. Dari Bandara Ngurah Rai, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk tiba ke lokasi. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi karena akses menuju lokasi terbilang aman bila dilalui kendaraan bermotor.

4. Pantai Pandawa

Namanya memang tidak sepopuler Pantai Kuta dan Pantai Sanur, namun dibalik itu Pantai Pandawa menyimpan keindahan alam laut yang menawan. Pantai ini terbilang masih perawan, belum seramai Kuta atau Sanur. Anda akan terkesima dengan hamparan pasir yang putih bersih dan bebas sampah di pantai ini. Ombaknya yang tenang terdengar senada dengan suasana pantai yang lengang tanpa hiruk pikuk.

Pantai Pandawa, salah satu yang diminati wisatawan di Bali

Pantai Pandawa, salah satu yang diminati wisatawan di Bali via laronlaron.com

Pantai pasir putih Pandawa terletak di Desa Kutuh, masuk dalam wilayah Kabupaten Badung. Masyarakat lokal sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Kutuh. Beda lagi dengan wisatawan asing terutama dari Australia, lebih suka menyebut Pantai Pandawa dengan sebutan “Secret Beach”. Dulu, pantai Pandawa lebih didominasi oleh turis mancanegara. Namun, belakangan justru wisatawan lokal yang lebih banyak datang ke pantai ini. Perjalanan dari Bandara Gusti Ngurah Rai ke Pantai Pandawa memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh tak kurang dari 18 kilometer. Jalanan di Desa Kutuh yang berliku-liku kemungkinan membuat perjalanan Anda akan memankan waktu lebih lama.

Baca juga: Wisata Ubud Bali, Kedamaian Mengagumkan di Pulau Dewata

5. Pantai Tanjung Benoa

Sama seperti Pantai Pandawa, Pantai Tanjung Benoa termasuk salah satu pantai di Bali yang memiliki ombak yang tenang serta memiliki bentang pantai dengan pasir putih bersih. Karena karakteristik ombak yang cukup tenang, pantai ini cukup aman untuk olahraga air. Pengunjung dapat bebas dan aman bermain snorkeling, diving, atau parasailing di Pantai Tanjung Benoa ini.

Pantai Tanjung Benoa di Bali, berombak tenang dengan pasir yang bersih

Pantai Tanjung Benoa di Bali, berombak tenang dengan pasir yang bersih via telusurindonesia.com

Ada sebuah spot di Pantai Tanjung Benoa yang sangat disukai anak-anak, yaitu Pulau Penyu dimana terdapat habitat penyu yang lucu-lucu di sana. Di pantai ini, terdapat banyak unit-unit bisnis yang menyediakan berbagai keperluan olahraga air. Selain kegiatan water sport yang menarik, di sekitar pantai juga terdapat beberapa hotel yang siap memberi kenyamanan istirahat bagi wisatawan yang ingin berlibur selama beberapa hari di sana. Dari Bandara Gusti Ngurah Rai, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di salah satu Pantai di Bali yang populer ini.

6. Pantai Jimbaran

Mendengar nama pantai ini, mungkin memori Anda akan langsung teringat pada tragedi Bom Bali I dan II. Sejak peristiwa tersebut, nama Pantai Jimbaran semakin mendunia sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Bali. Sesungguhnya, pemandangan laut di Pantai Jimbaran begitu memukau. Dengan pemandangan sunset yang sangat indah, tak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini kala sore hari.

Pantai Jimbaran, salah satu pesona sunset di Bali yang populer

Pantai Jimbaran, salah satu pesona sunset di Bali yang populer via idtempatwisata.com

Selain menikmati pesona sunset, umumnya wisatawan yang datang ke Pantai Jimbaran juga menikmati kuliner berupa hidangan ikan laut. Hal ini terlihat dari sejumlah cafe di tepi pantai yang tak pernah sepi dari pengunjung. Cafe-cafe ini menyediakan aneka makanan olahan hasil laut, seperti kerang, cum-cumi, kepiting, dan udang. Pantai Jimbaran berjarak sekitar 15 menit dari bandara Gusti Ngurah Rai. Bagi Anda yang ingin berlibur lebih lama atau menginap, tersedia villa dan hotel berstandar internasional di sekitar lokasi pantai.

7. Pantai Legian

Di mata wisatawan, mungkin Pantai Legian menjadi pilihan ketiga destinasi yang ingin dituju setelah Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Hampir mirip dengan Pantai Kuta, Pantai Legian ini juga menawarkan keindahan laut yang menawan. Menyusuri hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai sambil menatap sunset di ufuk barat adalah pengalaman indah yang seru.

Pantai Legian di Bali, popularitasnya hingga ke mancanegara

Pantai Legian di Bali, popularitasnya hingga ke mancanegara via threexie.blogspot.co.id

Selain berenang dan berjemur, aktivitas wisatawan juga ada yang berselancar mengingat ombak di pantai ini cukup besar pada titik-titik tertentu. Tak jarang, di Pantai Legian ini diadakan lomba selancar yang diikuti oleh surfer lokal maupun dari luar negeri. Kuliner malam hari di Pantai Legian juga terbilang lengkap. Ada beberapa cafe, warung makan, dan restoran yang siap memanjakan perut Anda saat kelaparan.

Pantai Legian merupakan tujuan favorit bagi wisatawan dari Australia. Dari bandara Gusti Ngurah Rai, berjarak cukup dekat sekitar 6 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu tak lebih dari 15 menit. Selain beberapa tempat wisata kuliner, terdapat juga fasilitas hiburan malam seperti bar dan pub di pantai ini. Untuk fasilitas akomodasi, di sekitar Pantai Legian terdapat banyak villa dan hotel bertaraf internasional.

8. Pantai Nusa Dua

Diantara sekian banyak pantai di Bali, Pantai Nusa Dua pantas dinobatkan sebagai pantai yang paling bersih. Pantai ini memiliki karakter ombak tidak begitu besar sehingga aman untuk kegiatan menyelam atau berenang. Oleh karenanya, Pantai Nusa Dua direkomendasikan pula sebagai tujuan wisata untuk keluarga, termasuk anak-anak. Ada beberapa bagian di pantai ini yang berair dangkal.

Pantai Nusa Dua, pantai paling bersih di Bali

Pantai Nusa Dua, pantai paling bersih di Bali via worldtourismindonesia.blogspot.co.id

Selain berenang dalam suasana tenang, Pantai Nusa Dua termasuk pantai yang tidak begitu panas sehingga pengunjung betah berjemur dan menghabiskan waktu di pantai ini. Selain itu, berbagai kegiatan kenegaraan taraf internasional sering diselenggarakan di kawasan Pantai Nusa Dua dengan tamu petinggi-petinggi negara di seluruh dunia. Tidak aneh jika di sekitar lokasi pantai terdapat banyak terdapat hotel mewah berskala internasional.

Selain deretan hotel mewah, di Pantai Nusa Dua juga terdapat fasilitas publik seperti taman yang terawat, toilet, tempat sampah, tak lupa juga tempat parkir yang cukup luas. Ada beberapa spot di pantai ini yang menawarkan panorama indah dan karenanya kerap dijadikan sebagai latar dalam foto pre-wedding.

Baca juga: Pesona 10 Tempat Wisata di Bali Paling Menawan

9. Pantai Lovina

Tujuan wisata Pantai Lovina adalah salah satu yang diandalkan dari Kabupaten Buleleng. Di kawasan pantai ini tersedia berbagai fasilitas akomodasi, restaurant, toko oleh-oleh dan butik, hingga persewaan mobil. Pantai Lovina terkenal dengan pertunjukkan lumba-lumba yang menarik bagi wisatawan. Dengan menaiki kapal yang membawa Anda ke tengah laut, ratusan ekor lumba-lumba yang hidup di pantai ini akan bermunculan dan menyuguhkan atraksi yang menggemaskan.

Pantai Lovina, tempat berjemur dan menyaksikan atraksi lumba-lumba di Bali

Pantai Lovina, tempat berjemur dan menyaksikan atraksi lumba-lumba di Bali via medytour.blogspot.co.id

Atraksi lumba-lumba ini hanya dapat disaksikan kala pagi hari mengingat lumba-lumba akan bermunculan dari antara pukul 6-8 pagi. Selain itu, kegiatan menyelam atau snorkeling juga menjadi salah satu yang menarik. Pesona ikan hias di perairan pantai ini cukup mampu menghadirkan pesona alam bawah laut yang menghibur hati.

10. Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel berarti pantai yang pasirnya terpotong. Ini disebabkan area Pantai Bias Tugel yang tidak luas karena pada bagian kanan dan kiri pantai diapit batu karang yang besar. Pantai Bias Tugel memiliki hamparan pasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih membiru. Mengingat popularitasnya yang belum setenar Kuta, pantai ini terbilang cukup menenangkan kala dikunjungi dan merupakan salah satu pesona pantai di Bali yang tersembunyi.

Pantai Bias Tugel, salah satu pantai dengan keasrian alami dan sungguh menenangkan

Pantai Bias Tugel, salah satu pantai dengan keasrian alami dan sungguh menenangkan via paseknyoman.blogspot.co.id

Selain itu, Anda juga tidak dikenakan tiket masuk. Di sekitar kawasan pantai, belum terdapat hotel atau restoran. Jangan khawatir akan kelaparan, Anda dapat mengisi perut di warung makanan dan minuman yang buka di sana. Pantai Bias Tugel berjarak dekat dari Pelabuhan Padang Bai, sekitar 700 meter dari pintu masuk pelabuhan atau cukup berjalan kaki sekitar 10 menit.

11. Pantai di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni dan terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat, berjarak sekitar 10 km di lepas pantai barat laut Bali. Jangan kaget jika di Pulau Menjangan Anda tidak akan menjumpai penginapan, restoran, toko, dan lainnya. Satu-satunya resort yang tersedia hanyalah Resort Pulau Menjangan yang berada langsung di bawah Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Labuhan Lalang.

Pulau ini memiliki wall diving terbaik di Bali dengan keindahan taman bawah lautnya yang menawan hati. Inilah sebab para penyuka diving di Bali sangat menikmati penyelaman di area pulau ini karena visibility yang baik dan kaya biota laut. Pulau Menjangan memang memiliki terumbu karang dan formasi batuan yang kompleks.

Pantai di Pulau Menjangan Bali Barat, pemilik taman bawah laut paling indah di Bali

Pantai di Pulau Menjangan Bali Barat, pemilik taman bawah laut paling indah di Bali via nyegaragunung.net

Selain menyelam, aktivitas tracking di pulau ini juga menarik. Anda akan dapat menyaksikan sejumlah burung yang hidup di Pulau Menjangan, juga melintasi savanna dimana dan menyaksikan aktivitas Rusa Menjangan di alam bebasnya. Untuk dapat tiba di pulau ini, Anda dapat menggunakan perahu rakyat yang dikelola Taman Nasional Bali Barat. Atau, dapat menggunakan perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang dan Teluk Terima.

12. Pantai Virgin (Virgin Beach)

Pantai ini terbilang masih sepi dan belum terjamah banyak wisatawan. Oleh karenanya, suasana di Pantai Virgin (Virgin Beach) sangat alami dan tenang. Pantai ini memiliki air laut yang biru jernih dengan pasir putih lembut dan buih ombak yang harmonis. Anda dapat menyaksikan betapa bersihnya pantai dari dari sampah.

Pantai Virgin (Virgin Beach), salah satu yang belum terjamah banyak wisatawan di Bali

Pantai Virgin (Virgin Beach), salah satu yang belum terjamah banyak wisatawan di Bali via idtraveladdict.com

Beberapa aktivitas wisatawan di pantai ini pada umumnya adalah menikmati suguhan makanan di cafe-cafe yang buka di sekitar pantai. Selain berenang, sejumlah wisatawan cukup menikmati suasana pantai dengan bermalas-malasan di tepian pada tempat duduk yang lengkap dengan payungnya. Jika Anda ingin snorkeling, tingga menyewa perlengkapan yang ada di sana. Terletak di Karangasem, Anda dapat menggunakan mobil atau motor untuk mengunjungi salah satu pantai di Bali yang alami ini. Dari Denpasar, perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam saja.

13. Pantai Amed dan Tulamben

Terletak di sebuah desa pada kawasan Timur pulau Bali, Pantai Amed dan Pantai Tulamben memiliki kekayaan biota laut, terumbu karang, serta pesona alam bawah laut lainnya yang menarik. Kedua pantai ini letaknya bersebelahan. Pantai Tulamben sangat disenangi oleh para penyelam. Di kedalaman pantainya, terdapat kapal perang AS, USS Libert yang karam sejak lama dan hal ini menjadi pemandangan bawah laut yang “megah” dengan bangkai kapal yang dipenuhi terumbu karang.

Pantai Amed dan Tulamben, pesona keasrian pantai yang alami dan tempat snorkel

Pantai Amed dan Tulamben, pesona keasrian pantai yang alami dan tempat snorkel via watersportditanjungbenoa.wordpress.com

Pantai Amed dan Tulamben merupakan salah satu tujuan wisata pantai di Bali yang eksotis. Jika Anda berkunjung ke Amed Bali, telah tersedia berbagai fasilitas pariwisata seperti hotel, restoran, dan bungalow. Anda hanya akan memerlukan waktu sekitar 3 jam dari Bandara Ngurah Rai untuk dapat tiba di kawasan yang eksotis ini.

14. Pantai Balangan

Di Pantai Balangan, Anda dapat menyaksikan rangkaian pohon kelapa yang tertata sedemikian rapi dan menjadi sebuah pemandangan yang unik. Bagi Anda yang menginginkan ketenangan, pantai ini adalah salah pilihan yang patut dikunjungi.

Pantai Balangan di Bali, menikmati panorama pantai dari atas bukit

Pantai Balangan di Bali, menikmati panorama pantai dari atas bukit via backpackbalitour.com

Berenang dan surfing di Pantai Balangan adalah aktivitas yang paling sering dilakukan banyak wisatawan. Karena letak geografis pantai yang berada di bagian selatan Bali, maka ombaknya terbilang cukup besar. Inilah sebab para peselancar menyukai pantai ini. Selain itu, ada banyak cafe serta penginapan di kawasan Pantai Balangan. Anda tak perlu khawatir akan kelaparan atau ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana. Lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 38 menit dari Bandara Gusti Ngurah Rai.

15. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang sesungguhnya telah dikenal lama oleh wisatawan asing yang datang ke Bali sebelum populer di kalangan wisatawan dalam negeri. Ingatkah Anda akan film “Eat, Pray, Love” yang mengambil Bali sebagai salah satu tempat dalam kisahnya? Film ini dibintangi banyak aktor dan aktris Hollywood, salah satunya adalah Julia Robert. Di Pantai Padang-Padang inilah syuting film tersebut dilakukan pada tahun 2010 silam.

Pantai Padang-Padang, salah satu pantai indah yang tersembunyi di Bali

Pantai Padang-Padang, salah satu pantai indah yang tersembunyi di Bali via homecartravelers.com

Pantai Padang-Padang memiliki panorama yang indah dan lingkungan yang masih alami. Pantai ini terletak di Pecatu, dekat dengan Uluwatu. Awalnya, pantai ini terkenal sebagai tempat surfing mengingat ombaknya yang besar. Juga, kegiatan berjemur dan bersantai di tepian pantai disukai banyak wisatawan. Areal Pantai Padang-Padang dikelilingi oleh bebatuan karang yang kokoh, Anda harus melewati tebing batu karang tersebut sambil menuruni anak-anak tangga untuk dapat menginjakkan kaki di pantai.

What do you think?

Written by virgo

Inilah 10 Tempat Nongkrong di Jakarta Terfavorit Pengunjung

Ini yang Bikin Banyuwangi Ngetop, Masuk Top 10 Indeks Wisata Indonesia