in

Jaga Kesehatan Andani, Doni: Semua yang Mendekat Harus Bebas Covid-19

Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menaruh perhatian besar pada kesehatan Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat Dr Andani Eka Putra selama di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mantan Komandan Paspampres itu mengingatkan agar siapapun yang dekat, melayani dan mendampingi Andani harus bebas dari Covid-19.

“Itu sangat penting karena pikiran dan tenaga Andani dibutuhkan banyak orang di berbagai daerah di Indonesia, sehingga dia harus selalu sehat. Dengan begitu dapat terus berkontribusi buat bangsa dan negara untuk menangani Covid-19,” ingat Doni Monardo.

Pesan itu disampaikan mantan Danjen Kopassus tersebut kepada Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana yang mendapat tugas khusus mendampingi Andani ke Sulsel. Amanah itu diberikan karena Aqua dikenal sebagai teman dekat Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah.

“Tolong Pak Aqua sampaikan pesan saya ini ke Pak Nurdin Abdullah. Pak Andani dibutuhkan banyak orang di berbagai daerah. Jadi beliau harus selalu sehat,” ujar Doni, Sabtu (24/7/2020).

Disampaikan ke Nurdin

Sebagaimana diketahui, setelah sukses melaksanakan tugas di Jawa Timur (Jatim) minggu lalu, Doni kembali memberi amanah ke Andani untuk membantu penanganan Covid-19 di Sulsel. Sampai sekarang di provinsi itu kasus Covid-19 masih tinggi.

Seharusnya Jumat (17/7/2020) lalu Andani ikut rombongan Doni dari Surabaya, Jatim, ke Makassar. Karena tugasnya di sana belum tuntas sehingga Doni meminta Andani tinggal di Surabaya.

“Pak Andani tidak usah ikut saya ke Makassar. Setelah urusan di Jatim selesai, mohon bapak jadwalkan ke Sulsel. Membantu Pak Nurdin Abdullah (Gubernur Sulsel, red),” pesan Doni ke Andani.

Waktu itu Andani di Surabaya selama lima hari, Rabu sampai Jumat (15-20/2020). Selama di ibu kota Jatim tersebut Andani ketemu banyak pihak termasuk Gubernur Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wali kota Surabaya Tri Rismaharini.

Hasilnya dua kepala daerah yang ditemuinya secara terpisah senang. Mereka minta Andani dapat secara maksimal terutama mengoptimalkan pemakaian semua laboratorium yang ada.

Pesan dari Doni agar yang mendampingi Andani dipastikan bebas dari Covid-19, disampaikan tadi siang saat Aqua sedang mendampingi Andani bertemu Nurdin di Hotel Kempinski Jakarta. Aqua sekaligus menyampaikan perkembangan diskusi mereka.

Saat itu juga pesan Doni disampaikan Aqua ke Nurdin. “Siap Pak Aqua. Semua yang melayani tamu, selama ini bertugas di rumah jabatan gubernur. Kesehatan mereka menjadi perhatian utama saya,” ujar Nurdin.

Doni menambahkan agar hal serupa dilaksanakan saat Andani berkunjung ke Kalimantan Selatan (Kalsel) dan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Tolong pesan saya ini Pak Aqua sampaikan kepada semua tuan rumah yang didatangi Pak Andani,” kata Doni serius.

Tadi sore sekitar pukul 17.00 Wita Andani dan Aqua tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulsel.

Mereka disambut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Ni’mal Lahamang, Kabid Rehabilitasi Dan Rekonstruksi BPBD Sulsel Zubair Abdi Rahman, dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel. Sementara Kadis Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari menemani makan malam di resto New Ujungpandang.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tinjau Pembangunan Irigasi, Pariyanto Minta Selesai Tepat Waktu

Pemberitaan Korona Meningkat, Media mesti Beri Edukasi dan Optimisme