in

Jet Tempur TNI dan Singapura Saling Bermanuver di Angkasa, Ini Ternyata yang Terjadi

JAKARTA – Jet-jet tempur TNI Angkatan Udara dan Republic of Singapore Air Force (RSAF), angkatan udaranya Singapura, saling bermanuver di angkasa. Jet-jet tempur ini dalam keadaan siaga. Siap tembak pesawat musuh.

Apa gerangan yang sedang terjadi? Ternyata, jet-jet tempur milik angkatan udara kedua negara itu bermanuver di angkasa, bukan karena ada masalah. Namun itu bagian dari  latihan bersama yang digelar kedua angkatan udara tersebut. 

Mengutip keterangan tertulis TNI AU, latihan bersama yang digelar TNI AU dan RSAF ini digelar di Lanud Roesmin Nurjadin,  Pekanbaru, Riau. Dalam latihan bertajuk, Bilateral Fighter Interaction and Training (BFI), disimulasikan latihan pertempuran udara.

Menurut Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, latihan pertempuran udara ini melibatkan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan pesawat tempur F-16 RSAF.

“Latihan BFI merupakan salah satu bentuk latihan bersama antara TNI AU dan RSAF yang difokuskan pada teknis pelaksanaan pertempuran udara, khususnya teknik pelaksanaan intersep pesawat tempur terhadap pesawat tempur musuh yang sewaktu-waktu mengancam kedaulatan wilayah udara,” kata Marsma Ronny, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Koran Jakarta, Jumat (18/12).

Ditambahkannya, latihan BFI yang melibatkan kedua angkatan udara ini merupakan ajang interaksi. Sekaligus jadi ajang  saling tukar menukar informasi dan berbagi ilmu pengetahuan serta pengalaman antar kedua angkatan udara.

“Diharapkan ini akan meningkatkan kemampuan para penerbang dalam melaksanakan setiap misi pertempuran di udara,” ujarnya.

Latihan pertempuran udara itu sendiri, kata Ronny, bersandi  Bilateral Fighgter Interaction-20. Latihan melibatkan pesawat tempur F-16 dari kedua negara  dengan didukung hampir 60 personel TNI AU.

“TNI AU mengerahkan pesawat F-16 C/D dari Skadron Udara 16 sedangkan RSAF juga mengerahkan pesawat tempur F-16 dari Skadron 143 yang berpangkalan di Tengah AFB,” ungkapnya.

Danlanud mengungkapkan, dalam latihan diperagakan tactical intercept yaitu latihan manuver pesawat tempur untuk mencegat pesawat lawan atau pesawat yang tidak dikenal. 

“Tujuan latihan BFI ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme satuan dalam pergelaran operasi udara serta meningkatkan hubungan bilateral antara TNI AU dengan RSAF,” ujarnya. Ant/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ayah Perkosa Anak Kandung hingga Hamil Anak Kedua

Polisi: Artis TA Ditarif Rp75 Juta Sekali Kencan